Tips konsentrasi dan fokus saat belajar/CueMath
Health

Tips Meningkatkan Daya Ingat, Fokus dan Konsentrasi Pikiran

Redaksi
Selasa, 29 Agustus 2023 - 17:37
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Semua orang membutuhkan konsentrasi yang baik, agar tidak terhanyut oleh hiruk-pikuk dunia dan bisa mencapai tujuan yang diinginkannya.

Terkadang seseorang merasa sulit untuk fokus karena pikiran yang terbagi, rasa khawatir atau mungkin keharusan melakukan banyak aktivitas secara bersamaan. 

Namun, masalah tersebut sebenarnya dapat diatasi dengan latihan-latihan dasar yang ringan tetapi dapat membantu kamu berkosentrasi lebih baik.

Simak trik dan tips agar kamu tetap fokus dan konsentrasi:

1. Latihan Tubuh

Latihan tubuh bukan hanya tentang melenturkan otot tetapi juga praktik yang menanamkan disiplin dan memberi energi. Sejumlah penelitian mengungkapkan bahwa area otak yang mengendalikan pemikiran dan memori lebih berkembang pada orang yang berolahraga.

Jadi, mulailah dengan sesuatu yang sederhana seperti mendedikasikan 15 atau 30 menit sehari untuk aktivitas yang membuat kamu bergerak seperti jalan cepat, kelas dansa, jogging di taman, atau bahkan sesi jumping jack singkat di ruang tamu. 

2. Berlatih Mendengarkan Secara Aktif

Mendengarkan secara aktif adalah keterampilan yang halus sekaligus kuat, bukan hanya tentang mendengar kata-kata tetapi lebih dari memahami esensi percakapan dan merespon dengan cara yang menunjukkan bahwa kamu benar-benar menyimak.

Mendengarkan secara aktif memaksa otak untuk berkonsentrasi pada satu tugas pada satu waktu sehingga dapat melatih kefokusan. Untuk menjadi pendengar yang aktif, lakukan upaya sadar untuk berhenti sejenak setelah pasangan berbicara dan manfaatkan momen itu untuk benar-benar memahami apa yang mereka katakan. 


3. Meditasi

Meditasi adalah pintu gerbang untuk memahami pikiran dan  cara untuk melatih pikiran agar berkonsentrasi dan tetap tenang di dunia yang selalu bising.

Menurut penelitian dari Columbia University Medical Center, meditasi bukan hanya tentang menutup mata dan duduk diam tetapi merupakan praktik yang dapat mengubah tampilan otak dan cara kerjanya.

Manfaat meditasi antara lain penurunan stres, kecemasan, dan depresi, serta peningkatan fokus, kemampuan belajar, dan konsentrasi. Ini juga dapat meningkatkan daya ingat, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, membangun ketahanan, dan bahkan meningkatkan kualitas tidur.


4. Cobalah Teknik Pomodoro

Pikiran membutuhkan istirahat untuk memulihkan tenaga dan mendapatkan kembali kekuatan. Di sinilah Teknik Pomodoro berperan, metode sederhana namun efektif untuk membantu berkonsentrasi dan berenergi.

Cobalah untuk membagi waktu melakukan aktivitas dan bekerja. Dengan begitu akan melatih pikiran kamu untuk memahami bahwa fokus bukanlah sesuatu yang berlangsung secara cepat melainkan serangkaian konsentrasi yang harus diimbangi dengan istirahat yang akan membangun stamina mental yang tangguh dan berkesinambungan.

5. Buatlah Catatan atau Daftar Tugas

Mencatat aktivitas apa pun yang kau pikirkan saat melakukan suatu tugas dapat membantu kamu mengesampingkannya hingga kamu dapat menyelesaikannya. Misalnya, kamu mungkin menerima pemberitahuan email tentang situasi yang melibatkan tugas selain yang sudah kamu lakukan.

Menulis pengingat tentang email memungkinkan kamu menyimpan memori di lokasi eksternal, yang dapat memberi lebih banyak energi dan stamina untuk berkonsentrasi pada tugas saat ini.

6. Dengarkan Musik Instrumental dan Usahakan Perhatian Tertuju pada Musik

Musik tanpa lirik akan membantu otak tetap aktif, pikiran akan mulai melamun dengan sangat cepat. Fokus pada nada, aliran, tempo, atau perasaan.

Walaupun tidak banyak orang yang dapat menerapkan latihan ini, tetapi manfaat yang dirasakan sangat cepat.


7. Berlatih Menghitung Mundur

Latihan yang satu ini dapat membantu kamu memfokuskan pemikiran kamu terhadap satu masalah. Cobalah untuk mengambil angka tertinggi dan mulailah berhitung mundur hingga angka nol. Tetap fokuskan pemikiran pada latihan tersebut, dengan begitu kamu bisa terbiasa untuk fokus ke satu permasalahan atau satu pekerjaan. (Maria Elfika Simplisia)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro