Tips mengatasi kesehatan mental/News Medical
Health

Kesehatan Mental, 10 Teknik Menenangkan Diri dalam Tekanan

Redaksi
Selasa, 23 Juli 2024 - 11:11
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Anxiety atau rasa takut sekaligus rasa cemas dapat terjadi kapanpun dan dimanapun, sehingga penting untuk mengetahui teknik-teknik yang dapat dilakukan guna menenangkan diri dalam berbagai tekanan.

Dilansir dari laman calm.com, mengatur sistem saraf untuk memperoleh rasa tenang dapat dicapai dengan teknik yang tepat. Walaupun sederhana, teknik ini tetap efektif.

Simak 10 teknik mengatasi kecemasan:

1. Bernapas dengan penuh kesadaran

Latihan pernapasan penuh kesadaran merupakan cara yang efektif untuk langsung menenangkan pikiran. Cukup memusatkan seluruh fokus pada napas.

Tarik napas dalam-dalam secara perlahan melalui hidung, tarik lalu hembuskan napas melalui mulut. Anda juga dapat menggunakan teknik 4-7-8, tarik napas selama 4 detik, tahan napas selama 7 detik, dan hembuskan napas perlahan selama 8 detik.


2. Rutinitas istirahat sejenak

Istirahat selama lima menit pun memiliki dampak signifikan. Ingatkan diri untuk selalu istirahat sejenak, baik berdiri, melakukan peregangan, atau sekadar meninggalkan tempat kerja untuk berjalan-jalan sebentar. Jika kesulitan menemukan tempat istirahat yang tenang, tutup mata dan bayangkan suasana yang damai, visualisasi dapat membawa pikiran ke tempat yang menenangkan.


3. Matikan gadget

Serupa dengan sebelumnya, jauhi gadget sejenak dan mulailah menyatu dengan alam. Berada di luar ruangan dapat memberikan efek menenangkan pada sistem saraf. Cobalah untuk menjadikannya bagian rutin dari rutinitas.

4. Gerakkan tubuh sesering mungkin

Jika kekurangan waktu atau butuh pertolongan segera, Anda dapat menggerakkan tubuh Anda. Berdirilah dan gerakkan perlahan setiap anggota tubuh selama 30 detik. Mulailah dari bagian lengan, lalu kaki, dan sampai seluruh tubuh.


5. Tidur siang singkat

Tidur dengan porsi yang cukup dan kualitas yang baik sangat penting untuk mengelola pikiran. Jika tidak mendapatkan waktu tidur yang cukup di malam hari, pertimbangkan untuk tidur siang sejenak untuk mendapatkan waktu istirahat tambahan. Dalam jangka panjang, rutinitas ini akan berdampak besar tidak hanya pada pikiran, tetapi juga pada fisik dan mental.


6. Jauhi kafein

Kurangi asupan stimulan seperti kafein karena dapat meningkatkan perasaan cemas dan mengganggu keseimbangan sistem saraf. Andap dapat mengurangi atau menggantikan kopi secara bertahap dengan mengkonsumsi teh herbal atau air putih yang memiliki dampak lebih baik bagi tubuh.

7. Jadwalkan waktu santai

Luangkan waktu untuk bersantai pada setiap harinya. Dapat berupa membaca buku, mendengarkan musik, atau berlatih meditasi. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan teknik relaksasi otot progresif, yang dapat membantu melepaskan ketegangan fisik dan menenangkan sistem saraf.


8. Bersosialisasi

Habiskan waktu bersama teman dan keluarga. Interaksi sosial yang positif dapat membantu meredakan stres dan meningkatkan suasana hati. Tidak butuh waktu lama, bahkan hanya dengan mengobrol sebentar untuk menceritakan keseharian masing-masing dapat memberikan dampak signifikan untuk menenangkan diri.


9. Cari suasana nyaman

Nikmati mandi air hangat, minum secangkir teh herbal, atau gunakan bantal pemanas adalah 3 dari banyaknya cara yang dapat dilakukan. Suhu hangat dapat menenangkan dan membantu merelaksasi sistem saraf, dan berbagai teh herbal dapat membantu Anda meredakan rasa tegang.

10. Bersyukur

Luangkan waktu setiap hari untuk memikirkan hal-hal yang Anda dapatkan, dan syukuri hal tersebut. Rasa syukur dapat mengalihkan fokus dari pemicu stres ke aspek-aspek positif dalam hidup. Anda juga dapat menggunakan catatan harian berisi hal-hal yang Anda syukuri di setiap harinya. (Yoga Al Kemal)

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro