Cara Menenangkan Pikiran/Pixabay
Relationship

Ini Cara Menenangkan Pikiran Agar Tidak Stres

Hana Fathina
Kamis, 9 Februari 2023 - 15:51
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Cara menenangkan pikiran yang tepat tentunya dibutuhkan untuk meredakan stress dan meningkatkan produktivitas. Contohnya, menenangkan pikiran dan suasana hati sedang tidak menentu atau kacau, ingin cepat tidur dan mengurangi stres

Ada berbagai cara untuk menumbuhkan rasa tenang dan santai di dalam pikiran. Cara ini sudah diuji oleh peneliti untuk menunjukkan energi, kreativitas dan perhatian untuk mengatasinya. Untuk itu, kamu harus mengetahui cara menenangkan pikiran agar produktivitas kamu tetap terjaga. 

Berikut ini adalah beberapa cara menenangkan pikiran yang sudah dilansir dari berbagai sumber:

1. Mengatur napas

Tarik nafas melalui hidung dan keluarkan dari mulut. Cara menenangkan pikiran satu ini dengan melakukan hal ini secara berkala hingga kemudian pikiran menjadi lebih tenang. Latihan sedarhana ini juga akan membantu oksigen mengalir lebih banyak ke otak. Dengan begitu, pikiran menjadi lebih mudah terbebas dari masalah yang mengganggu mental.

2. Melakukan meditasi

Ketenangan akan menjadi kunci untuk meraih ketenangan pada diri. Dengan cara menenangkan pikiran yang kedua ini bisa dilakukan meditasi selama satu hingga dua jam. Dalam waktu tersebut, kamu bisa menenangkan pikiran yang gelisah. Jauhi semua pikiran negatif lalu biarkan tubuh merasa puas dalam keadaan damai. Kemudian nikmati lah juga ketenangan yang tercipta karena keseimbangan antara perasaan dan pikiran. 

3. Batasi aktivitas online

Aktivitas online akan menimbulkan rasa stress. Membatasi aktivitas online akan membuat kamu merasa lebih tenang. Informasi yang kamu baca juga akan mempengaruhi suasana hati kamu.

4. Mencoba box breathing

Teknik pernapasan yang biasa disebut juga dengan 1:1 breathing ini banyak digunakan dalam praktik yoga. Cara melakukannya sangat mudah, kamu hanya perlu menarik napas lalu menghembuskannya dengan waktu yang sama. 

5. Membuat gratitude journal

Gratitude journal adalah jurnal di mana kamu bisa mengungkap rasa syukur setiap hari, sehingga kamu bisa selalu mengingat hal-hal yang terjadi. Ketika kamu berada di waktu sulit, gratitude journal ini lah yang mampu memberimu harapan. Apa yang kamu tulis tidak harus selalu berupa kejadian atau pencapaian terbesar. Di masa-masa tertentu, hal sekecil apapun bisa sangat bermakna. 

6. Membantu orang lain

Dikutip dari klikdokter, membantu orang lain memiliki manfaat seperti mengurangi rasa kesepian dan menurunkan stress. Manfaat lain dari membantu orang lain bisa meningkatkan imun dan Kesehatan jantung. Contohnya seperti membantu ibu membersihkan rumah hingga membantu rekan kerja. 

7. Cara menenangkan pikiran agar tidak stress

  • Berendam di air hangat untuk menenangkan hati dan pikiran.
  • Dengarkan musik yang menenangkan, contohnya musik klasik dan instrumental.
  • Berlatih meditasi untuk memusatkan ketenangan pikiran. Meditasi ini juga melakukan pernapasan dan membutuhkan suasana yang hening.
  • Rutin menulis kegiatan di buku Ketika waktu santai. Ceritakan tentang perasaan kamu setiap hari di buku tersebut. 

Itulah beberapa cara menenangkan pikiran agar kamu tidak stress. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Hana Fathina
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro