Ilustrasi/Thefiscaltime
Health

Tips Kerja agar Fokus dan Meningkatkan Produktivitas di Kantor

Redaksi
Senin, 16 Oktober 2023 - 15:50
Bagikan

Maria Elfika Simplisia

(16/10/2023)

Bisnis.com, JAKARTA – Orang yang menghabiskan lebih banyak waktu untuk bekerja akan merasa penat dan bosan, tetapi tidak bisa dipungkiri hal tersebut sudah menjadi rutinitas yang harus dilalui.

Di dunia kerja yang serba cepat, menjaga fokus dan konsentrasi merupakan hal penting untuk mempertahankan produktivitas dan kesejahteraan diri secara keseluruhan. Selain olahraga dan bersantai di hari libur, pola makan yang tepat juga merupakan kunci mempertahankan pikiran yang kuat.

Dikutip Harvard Health Publishing (16/10/2023) tidak ada satu pun makanan otak yang dapat menjamin ketajaman otak seiring bertambahnya usia. Ahli gizi menekankan bahwa strategi yang paling penting adalah mengikuti pola makan yang mendapatkan protein dari sumber nabati dan ikan serta pilih lemak sehat, seperti minyak zaitun atau canola, dibandingkan lemak jenuh.

Ikuti beberapa tips agar fokus dan bekerja lebih produktif: 

1. Fokus Pada Sarapan Bergizi

Mulailah hari dengan sarapan bergizi yang mencakup oatmeal, buah, kacang-kacangan dan susu. Kandungan serat dan memberikan energi yang berkelanjutan, sedangkan buah mengandung antioksidan yang mendukung kesehatan otak.

2. Konsumsi Sayur di Siang Hari

Sayuran Berdaun hijau jaya akan yang sangat penting untuk fungsi kognitif. Kandungan seratnya merupakan komponen yang penting untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan dan mencegah konstipasi serta gangguan pencernaan lainnya. Mengkonsumsi makanan yang tinggi serat pun akan menurunkan risiko terkena kanker usus besar

3. Konsumsi Omega-3

Asam lemak omega-3 membantu semua sel dalam tubuh  berfungsi, membantu menyediakan struktur dan mendukung interaksi antar sel. Omega-3 terkonsentrasi dalam jumlah tinggi di sel mata dan otak sehingga meningkatkan daya ingat dan konsentrasi.

4. Konsumsi Cemilan Berprotein

Kacang-kacangan bisa menjadi pilihan cemilan yang sehatm selain mengandung protein, kacang-kacangan juga mengandung lemak sehat, vitamin dan mineral yang membantu mendukung kesehatan otak.

5. Smoothie 

Smoothie dibuat dari produk segar atau beku yang dapat meningkatkan konsumsi buah dan sayuran, menyediakan beragam vitamin, mineral, serat dan antioksidan penting.

Nutrisi ini dapat mengurangi peradangan, memperbaiki pencernaan dan menurunkan risiko kondisi kronis seperti penyakit jantung, osteoporosis, obesitas dan penurunan mental terkait usia.

6. Hindari Makan Berlebihan

Mengkonsumsi makanan dalam jumlah besar dapat menyebabkan terganggunya sistem pencernaan. Makan berlebihan juga bisa membahayakan bagi kesehatan tubuh, dari memicu terjadinya obesitas, meningkatkan risiko terjadinya penyakit kronik, bahkan bisa menyebabkan masalah mental. (Maria Elfika Simplisia)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro