Wisata Balikpapan, Salah Satunya Sungai Wain/Dok. Pengunjung Sungai Wain.
Travel

Tempat Wisata Balikpapan, Menikmati Pesona Keindahan Kalimantan

Hana Fathina
Selasa, 5 September 2023 - 16:18
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Mengalahkan Samarinda yang berstatus sebagai ibu kota Kalimantan Timur, Kota Balikpapan memegang predikat sebagai kota dengan perekonomian terbesar di Pulau Kalimantan. Dijuluki Kota Minyak dan Bumi Manuntung, tempat wisata Balikpapan juga tidak kalah dibandingkan dengan kota-kota lain di Kalimantan bahkan Indonesia. Beberapa di antaranya masih tersembunyi dan tentu saja wajib kamu masukkan ke dalam daftar kunjungan.

Berkunjung ke Balikpapan berarti kamu akan mendapatkan liburan paket lengkap. Kabupaten ini memiliki pesona alam yang memukau, situs budaya dan sejarah yang eksotis hingga spot-spot kekinian bisa kamu eksplor. Kekayaan kuliner yang diturunkan turun temurun selama puluhan tahun juga dapat kamu nikmati.

Berikut ini adalah beberapa wisata Balikpapan yang sudah dilansir dari berbagai sumber: 

1. Danau Cermin Lamaru

Dengan air jernih yang biru kehijauan, Danau Cermin Lamaru adalah salah satu objek wisata favorit di Balikpapan. Danau ini berjarak puluhan kilometer dari pusat kota, namun rute perjalanan menuju lokasi tidak sulit. Kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum. Dari SMK Adzkiya, Kamu tinggal berjalan kaki untuk mencapai area danau.

2. Hutan Lindung Sungai Wain 

Berada di Jalan Soekarno-Hatta Kota Balikpapan, Hutan Lindung Sungai Wain atau lebih dikenal dengan sebutan HLSW adalah salah satu wisata balikpapan yang menarik. Hutan yang luasnya lebih dari 10.000 hektar ini menjadi habitat bagi berbagai jenis flora dan fauna. Ada ikan, kepiting, burung, beruang, kera hingga orang utan. Dengan mengikuti tur, kamu bisa menikmati jernihnya air sungai dengan perkampungan hutan bakau di kanan dan kiri kamu .

Untuk menuju ke lokasi, kamu bisa menggunakan kendaraan roda dua atau empat. Berjarak 15 kilometer di sebelah utara pusat kota, kamu akan menemukan HLSW tepat di pinggir jalan raya Balikpapan-Samarinda. Karena di beberapa kawasan hutan medannya masih berupa rawa-rawa, ada baiknya kamu menggunakan sepatu boots saat menyusuri area wisata ini.

3. Pantai Melawai 

Karena letaknya yang dekat dengan Pelabuhan Semayang, Wisata balikpapan ini tidak hanya akan disuguhi perkampungan pasir dan ombak seperti pantai biasa, tapi juga kapal yang berlalu lalang. Di sore hari, panorama matahari terbit yang disajikan pun dijamin tidak akan membuat kamu kecewa. Jangan lupa sekalian menikmati beragam sajian sedap di kafe-kafe yang berada di pinggir pantai sebelum kembali ke penginapan.

4. Bukit Alpha 

Jika kamu menggemari wisata padang rumput atau sekadar ingin mencari objek foto yang bagus, Bukit Alpha bisa jadi pilihan. Berada di kawasan Manggar, Balikpapan Timur Bukit Alpha kerap menjadi pilihan berburu foto di Balikpapan. Karena lokasinya yang cukup terbuka, kalau ingin datang siang hari sebaiknya sebelum ke sini kamu oleskan sunblock terlebih dahulu dan jangan lupa membawa air minum karena cuaca biasanya cukup panas.

5. Aquaboom Waterpark 

Mulai beroperasi pada bulan Oktober 2017 lalu, Aquaboom langsung menjadi tujuan favorit wisata keluarga bagi warga Balikpapan dan sekitarnya. Meski wisata Balikpapan ini masih kalah dari segi ukuran dibanding taman bermain air lainnya, Aquaboom memiliki keunikan yang tidak akan kamu temukan di tempat lain yakni lokasinya.

Aquaboom dibangun di lantai 7 Gedung Nicopolis South Tower Astara yang masih berada dalam satu komplek dengan Mal Pentacity dan Hotel Balikpapan. Aquaboom sendiri memiliki 3 area permainan. Pertama ada area permainan ekstrem yang memacu adrenalin. Kedua area bermain untuk anak-anak dan yang terakhir area kolam renang.

6. Pantai Kemala

Pantai Kemala, bersembunyi di utara Pantai Melawai, adalah permata tersembunyi di Balikpapan. Dengan pasir putih yang lembut, air laut yang jernih, dan suasana yang tenang, pantai ini merupakan tempat ideal untuk berjemur sambil mendengarkan ombak yang pelan. Tidak hanya itu, wisata Balikpapan ini juga menawarkan berbagai aktivitas air seperti berenang, jetski, dan banana boat, menjadikannya tempat yang sempurna untuk bersantai atau mencari petualangan di pantai yang belum banyak dikenal ini. Jangan lewatkan kesempatan untuk menikmati matahari terbenam yang menakjubkan saat Anda berkunjung ke Pantai Kemala.

Itulah beberapa destinasi wisata Balikpapan yang mungkin belum kamu ketahui. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Hana Fathina
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro