Ilustrasi menangkap ikan
Health

Ini Daftar Ikan yang Mengandung Banyak Merkuri

Redaksi
Rabu, 6 September 2023 - 03:00
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Ikan laut merupakan sumber banyak nutrisi. Namun, beberapa ikan juga mengandung zat berbahaya, seperti merkuri.

Dilansir dari Health Fitness Revolution, perairan bebas polusi dan ikan tanpa antibiotik sudah telah lama berlalu. Merkuri dilepaskan ke atmosfer dari pembakaran batu bara, minyak, dan gas alam, limbah metropolitan dan medis, kebakaran hutan, dan banyak sumber lainnya.

Merkuri berdampak buruk karena dapat menimbulkan efek berbahaya pada sistem pencernaan dan kekebalan tubuh, paru-paru dan ginjal, bahkan dapat menyebabkan kematian.

Dilansir dari Verywell Fit, merkuri juga sangat berbahaya bagi wanita hamil dan menyusui. Meskipun demikian, tidak ada alasan untuk menghindari ikan sama sekali. Anda hanya perlu mengetahui dan mempelajari kadar merkuri dalam ikan, jenis, dan beberapa merkuri yang dianggap aman.

Semua ikan mengandung sejumlah kecil merkuri. Bagi kebanyakan orang, sedikitnya kandungan merkuri pada ikan tidak menimbulkan masalah kesehatan. Namun, beberapa ikan mengandung merkuri dalam jumlah tinggi. Ada tiga jenis merkuri, yakni organik, anorganik, dan unsur logam.

Merkuri yang ditemukan pada ikan adalah metilmerkuri. Ikan yang memakan ikan lain cenderung memiliki kadar metilmerkuri yang lebih tinggi. Ikan besar mengandung lebih banyak merkuri karena mereka biasanya hidup lebih lama. Mereka memiliki lebih banyak waktu untuk membangun kadar merkuri yang lebih tinggi di dalam tubuh mereka.

Berikut adalah ikan-ikan yang memiliki kadar merkuri tinggi.

1. Tilefish

Ikan ini mengandung rata-rata 219 mikrogram merkuri. Ikan tilefish asli Teluk Meksiko menempati urutan teratas dalam daftar makanan laut yang tercemar merkuri.

2. Hiu

Ikan hiu termasuk dalam jenis ikan yang cenderung mengandung kadar merkuri yang lebih tinggi, sekitar 151 mikrogram merkuri,. Ini disebabkan oleh posisi ikan hiu di atas rantai makanan laut sebagai predator puncak.

3. Ikan todak

Biasanya ikan ini mengandung sebanyak 147 mikrogram merkuri. Kandungan merkuri ikan todak (barracuda) dapat bervariasi tergantung pada lokasi mereka berada dan ukuran ikan tersebut.

4. Mackerel King

Ikan King mackerel (tenggiri raja) termasuk dalam jenis ikan yang cenderung mengandung kadar merkuri yang lebih tinggi, yakni 110 mikrogram merkuri. Ikan ini adalah predator laut yang berada di puncak rantai makanan sehingga memiliki potensi untuk mengakumulasi merkuri dalam tubuh mereka.

5. Orange Roughy

Ikan ini mengandung 80 mikrogram merkuri. Kandungannya cukup banyak karena juga termasuk ikan yang berada di puncak rantai makanan.

6. Tuna

Ikan kaya lemak omega-3 ini ternyata mengandung merukuri. Jenis Sirip Biru, Mata Besar, & Albacore mengandung sebanyak 54 hingga 58 mikrogram merkuri.

Kemudian jenis Cakalang dan Sirip Kuning mengandung 31 hingga 49 mikrogram merkuri. Pilihlah jenis tuna yang lebih kecil atau memilih ikan lain yang rendah kandungan merkuri untuk mengurangi risiko paparan merkuri yang berlebihan. (Salma Permata Dewi)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro