Foto udara kawasan Margonda depok yang tertutup kabut polusi udara di Depok, Jawa Barat, Jumat (25/8/2023).Kota Depok menjadi kota paling berpolusi di Indonesia pada Jumat (25/8) dimana indeks kualitas udara (AQI) di Kota Depok menyentuh 218 AQI US, yang menunjukkan tingkat polusi udara Depok masuk kategori sangat tidak sehat, diikuti Tangerang Selatan (187) dan Jakarta (169). ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya/aww.
Health

Biang Kerok Jutaan Kematian di Dunia, Polusi Udara Sebabkan Diabetes

Redaksi
Rabu, 6 September 2023 - 13:25
Bagikan

Mekanisme pasti di balik hubungan antara polusi udara dan diabetes belum terbukti. Namun, para ilmuwan mengetahui bahwa beberapa polutan setelah terhirup dapat memasuki aliran darah dan berinteraksi dengan jaringan dan organ.

Interaksi ini pada akhirnya mengganggu tubuh, antara lain dapat mengubah sensitivitas dan produksi insulin.

Penting untuk dicatat bahwa risiko diabetes terkait polusi lebih tinggi di negara-negara berpenghasilan rendah yang tidak memiliki kebijakan udara bersih, seperti India, China. Sementara di negara-negara kaya, seperti Kanada, Australia, dan Selandia Baru, risiko diabetes terkait polusi lebih tinggi. mempunyai risiko yang lebih rendah.

Temuan penelitian menunjukkan bahwa risiko diabetes meningkat secara dramatis antara tingkat paparan serendah mungkin dan pedoman standar kualitas udara EPA.

Dengan kata lain, bahkan pada tingkat yang secara resmi dianggap “aman”, risikonya masih signifikan. Pada bulan Oktober 2017, Komisi Lancet untuk Polusi dan Kesehatan menerbitkan laporan yang menyoroti dampak berbahaya dari polusi.

Studi baru ini yang bertujuan untuk menemukan bukti baru mengungkap bukti bahwa polusi dapat berdampak lebih besar pada kesehatan dan mungkin mengarah pada perkembangan diabetes. (Nizar Fachri Rabbani)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Penulis : Redaksi
Editor : Nancy Junita
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro