Lemon/Istimewa
Health

9 Makanan untuk Detoksifikasi Tubuh

Mia Chitra Dinisari
Selasa, 12 September 2023 - 17:05
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Detoksifikasi tubuh telah dilakukan selama berabad-abad oleh manusia.

Tujuannya, untuk mengistirahatkan, membersihkan, dan menutrisi tubuh dari dalam ke luar dengan menghilangkan racun yang ada dalam tubuh.

Proses detoksifikasi memberikan kesempatan bagi tubuh untuk memperbarui kondisinya. 

Pada dasarnya, detoksifikasi berarti membersihkan tubuh dari zat-zat racun yang tanpa disadari selalu ada dalam tubuh manusia. Proses pembersihan ini ditujukan agar tubuh bisa kembali segar, sehat, dan tidak mudah merasa lelah atau terkontaminasi penyakit.

Racun yang didetoksifikasi pun nantinya dapat dikeluarkan melalui berbagai bagian tubuh, sebut saja ginjal, usus, paru-paru, sistem limfatik, hingga kulit.

Detoksifikasi ini bisa dilakukan dengan makanan yang kita konsumsi.

Dilansir dari narayanahealth, berikut 10 makanan untuk detoksifikasi tubuh

1. Lemon

Lemon adalah makanan pokok dalam banyak diet detoks, dan ada alasan bagus untuk ini. Pertama, lemon mengandung antioksidan vitamin C, yang bagus untuk kulit dan melawan radikal bebas pembentuk penyakit.

Selain itu, lemon memiliki efek basa pada tubuh, artinya dapat membantu mengembalikan keseimbangan pH tubuh sehingga bermanfaat bagi sistem kekebalan tubuh. Cobalah memulai hari Anda dengan air panas dan seiris lemon untuk membantu membuang racun dan membersihkan sistem tubuh Anda.

2. Jahe

Jika terlalu banyak makanan berlemak atau alkohol menyebabkan masalah pada sistem pencernaan Anda, mungkin ada baiknya menambahkan sedikit jahe ke dalam makanan Anda. Jahe tidak hanya bagus untuk mengurangi rasa mual, tetapi juga dapat membantu melancarkan pencernaan, mengatasi kembung, dan mengurangi gas.

Selain itu, jahe juga kaya akan antioksidan dan baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Untuk membantu pencernaan Anda, cobalah menyeruput teh jahe atau menambahkan parutan jahe segar ke dalam jus buah atau sayuran.

3. Bawang putih

Bawang putih telah lama dikenal karena manfaatnya bagi jantung, namun makanan pedas juga baik untuk detoksifikasi tubuh. Bawang putih tidak hanya bersifat antivirus, antibakteri, dan antibiotik, tetapi juga mengandung bahan kimia yang disebut allicin yang meningkatkan produksi sel darah putih dan membantu melawan racun.

Bawang putih paling enak dimakan mentah, jadi tambahkan sedikit bawang putih yang dihancurkan ke dalam saus salad untuk meningkatkan rasa dan kesehatan Anda pada saat yang bersamaan.

4. Artichoke

Jika Anda baru-baru ini terlalu banyak mengonsumsi makanan berlemak dan alkohol, menambahkan beberapa daun artichoke kukus ke dalam makanan Anda adalah cara yang bagus untuk membantu mengembalikan tubuh Anda ke jalur yang benar. Artichoke Globe kaya akan antioksidan dan serat dan juga dapat membantu tubuh mencerna makanan berlemak.

Selain itu, artichoke globe terkenal karena kemampuannya untuk menstimulasi dan meningkatkan fungsi hati – alat utama melawan racun dalam tubuh.

5. Akar bit

Bagi mereka yang membutuhkan suntikan nutrisi penambah kesehatan secara cepat, tidak ada yang lebih baik dari buah bit. Dikemas dengan magnesium, zat besi, dan vitamin C, sayuran ini baru-baru ini dipuji sebagai makanan super karena banyak manfaat kesehatan yang dilaporkan.

Bit tidak hanya bagus untuk kulit, rambut, dan kadar kolesterol, tetapi juga dapat membantu mendukung detoksifikasi hati, menjadikannya makanan detoks terbaik. Untuk menikmati manfaatnya, coba tambahkan bit mentah ke dalam salad atau minum jus bit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro