Temulawak memiliki khasiat untuk menyembuhkan penyakit./innspubnet
Health

4 Jenis Obat Bahan Alami di Indonesia, Termasuk Jamu dan Herbal

Mia Chitra Dinisari
Minggu, 24 September 2023 - 15:37
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Di Indonesia dikenal ada obat kimia dan obat alami. Penggunanya sendiri cukup banyak untuk obat bahan alami seperti herbal.

Lantas sebenarnya ada berapakah obat bahan alami itu?

Plt. Direktur Direktorat Produksi dan Distribusi Kefarmasian, Eka Purnamasari menyampaikan obat bahan alam digolongkan menjadi empat.

Yakni jamu, herbal terstandar, fitofarmaka dan obat bahan alam lainnya.

Dalam hal terdapat perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, Menteri dapat menetapkan dan/atau melakukan perubahan penggolongan Obat Bahan Alam dengan melibatkan kementerian/lembaga terkait, praktisi, dan akademisi.

Dia mengatakan obat Bahan Alam dapat digunakan secara mandiri oleh masyarakat yang dapat diperoleh dari fasilitas pelayanan kefarmasian atau fasilitas lain.

Selain digunakan secara mandiri oleh masyarakat, Obat Bahan Alam juga dapat diberikan berdasarkan resep.

"Selain itu penyerahannya harus dalam satuan kemasan yang memuat informasi tentang Obat Bahan Alam dan wajib dicantumkan secara jelas tanda khusus Obat Bahan Alam sesuai dengan penggolongannya”, ungkap Eka.

Dia menyampaikan bahwa substansi penggolongan obat bahan alam adalah pembedaan kategori Obat Bahan Alam berdasarkan tingkat pembuktian ilmiah bertujuan untuk menjamin keamanan dan ketepatan penggunaan Obat Bahan Alam.

Lebih lanjut Eka mengatakan, dalam rangka penggunaan Obat Bahan Alam, Menteri Kesehatan menetapkan Formularium sebagai acuan Obat Bahan Alam yang digunakan pada fasilitas pelayanan kesehatan dan terkait ilmu pengetahuan mengenai Obat Bahan Alam dapat dimasukkan ke dalam kurikulum pendidikan Tenaga Medis dan Tenaga Kesehatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro