Museum batik Danar Hadi/Istimewa
Fashion

Ini 5 Merek Batik Ternama di Indonesia

Mutiara Nabila
Senin, 2 Oktober 2023 - 17:28
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Indonesia dikenal sebagai negara yang memiliki beragam budaya. Salah satu kebudayaan yang menjadi kebanggaan Indonesia hingga mendunia adalah seni Batik. 

Kata Batik berasal dari kata nitik yang berarti membuat titik dalam bahasa Jawa. Batik sebagai karya seni yang memerlukan kesabaran dan membutuhkan banyak waktu dalam proses pembuatannya. 

Batik juga memiliki motif yang beragam dan memiliki banyak arti serta makna tersendiri. 

Tanggal 2 Oktober sendiri diperingati sebagai Hari Batik Nasional. Tanggal ini ditetapkan ketika batik masuk dalam daftar warisan budaya tak-benda United Nations of Educational, Scientific, and Cultural Organization (UNESCOO). 

Batik Indonesia resmi diakui dalam sidang ke-4 komite antar-pemerintah tentang warisan budaya tak-benda UNESCO yang diselenggarakan di Abu Dhabi. 

Keputusan UNESCO tersebut dilatarbelakangi bahwa batik Indonesia terkait erat banyak simbol yang bertautan dengan status sosial, kebudayaan lokal, alam, dan sejarah itu sendiri.

Untuk melestarikan batik, orang-orang menggunakan batik, termasuk untuk mengapresiasi seni yang terpampang dalam motif batik tersebut. Terdapat beberapa merek yang melestarikan batik hingga menjadi merek terbesar yang tak hanya terkenal di Indonesia, tapi juga di mancanegara. 

Berikut ini lima merek batik yang melegenda di Indonesia:

1. Batik Keris

Batik Keris dirintis mulai dari sebuah usaha rumahan yang pada 1920. Batik Keris kemudian berkembang hingga bisa dibuka dengan skala yang lebih besar pada 1946 di Cemani, Grogol, Sukoharjo oleh, Kasoem Tjokrosaputro.

Selanjutnya, pada 1970, Batik Keris terus melebarkan sayap dan mengubah bentuk usahanya menjadi Perseroan Terbatas (PT). Kemudian, pada 1972 Batik Keris memulai misinya untuk menjadi pusat kerajinan nusantara, dengan tak hanya menjual kain batik tradisional, tapi juga baju-baju yang desainnya disesuaikan dengan zaman, serta karya seni lainnya. 

2. Batik Danar Hadi

Merek batik satu ini juga begitu ternama lantaran menjadi salah satu pelopor yang menyatukan batik dengan dunia fesyen. 

Danar Hadi didirikan pada 1967 oleh Santosa Doellah yang memberi nama toko batiknya dari nama sang istri Danarsih Hadipriyono. 

Danar Hadi kini berhasil masuk dalam jajaran tiga nama merek batik terbesar di Indonesia setelah sering berkolaborasi dengan sejumlah desainer ternama Tanah Air, dengan desain kekinian. 

3. Batik Semar

Seperti mrek batik legendaris Indonesia lainnya, Batik Semar juga telah lama berdiri. Merek batik ini sudah dibuat sejak 1966. 

Sebelumnya, Batik Semar hanya memproduksi batik tulis saja, namun seiring dengan perkembangan zaman dan tingginya permintaan, Batik Semar melebarkan sayap dengan turut memproduksi batik cap. 

Tak hanya terkenal di Indonesia, Batik Semar juga sudah melanglang buana, hingga dipasarkan di Amerika Serikat, Eropa, Australia dan sejumlah negara di Asia. 

4. Batik Iwan Tirta

Batik Iwan Tirta juga merupakan salah satu merek batik ternama yang didirikan oleh desainer asal Jawa Tengah Nursjirwan Tirtaamidjaja atau dikenal dengan nama Iwan Tirta. 

Dia memulai bisnis batiknya dengan menampilkan sejumlah desain pakaian berbahan kain tradisional Indonesia ini untuk menyambut kunjungan berbagai Kepala Negara Asing ke Indonesia. Tak hanya pakaian, nama Iwan juga meroket setelah mendesain hotel, interior pesawat dan seragam pramugrari sejumlah maskapai penerbangan di Indonesia. 

5. Batik Parang Kencana

Batik Parang Kencana didirikan oleh Mariana Sutandi pada 1992. Batik ini terkenal akan batik tulisnya yang dibuat ekslusif dengan tangan dan memiliki desain yang berbeda di setiap kainnya.

Hingga kini, Batik Parang Kencana berkomitmen penuh pada warisan budaya dan para seniman batik di Indonesia serta berpegang teguh pada nilai seni. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Mutiara Nabila
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro