Toilet/Istimewa
Health

Hobi Bawa Ponsel ke Toilet? Simak Dampak Buruk dan Bahayanya

Mia Chitra Dinisari
Rabu, 4 Oktober 2023 - 11:00
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Banyak orang yang memiliki kebiasaan membawa ponsel ke kamar mandi atau toilet.

Biasanya, mereka seringkali membuka media sosial atau pekerjaan sambil di toilet.

Kebiasaan ini mungkin dianggap sepele, namun ternyata cukup berbahaya untuk kesehatan.

Salah satu bahaya utamanya yakni Anda bisa terkontaminasi patogen. Kamar mandi, khususnya toilet umum, merupakan sarang kuman dan bakteri.

Saat Anda membawa ponsel cerdas Anda ke toilet, ponsel tersebut akan terpapar mikroorganisme tersebut, yang kemudian dapat berpindah ke tangan dan wajah Anda saat Anda menggunakan ponsel setelahnya.

Penelitian telah menunjukkan bahwa ponsel dapat menampung banyak bakteri, termasuk patogen yang berpotensi membahayakan.

Tidak hanya itu, ada potensi risiko lain yaitu kontaminasi silang. Membawa ponsel ke kamar mandi meningkatkan risiko kontaminasi silang.

Misalnya, jika Anda menggunakan ponsel saat berada di toilet lalu menyentuh gagang siram atau kait pintu tanpa mencuci tangan secara menyeluruh, Anda dapat memindahkan kotoran dan bakteri ke permukaan tersebut.

Selanjutnya, orang berikutnya yang menyentuh permukaan ini mungkin tanpa sadar bersentuhan dengan kontaminan tersebut.

Tidak, itu tidak akan membantu meskipun Anda membersihkan ponsel secara teratur

Apalagi, ponsel terkenal sulit dibersihkan dengan benar, karena kelembapan atau bahan pembersih berpotensi merusak komponen elektronik yang sensitif.

Hal ini menyulitkan menjaga kebersihan saat Anda rutin membawa ponsel ke kamar mandi, karena pembersihan mungkin lebih sering diperlukan dibandingkan area lain di rumah atau tempat kerja Anda.

Apakah Anda membawa ponsel Anda ke toilet? Inilah mengapa Anda sebaiknya tidak melakukannya

Dampak buruk lainnya dari kebiasaan ini adalah membawa ponsel ke toilet dapat mendorong Anda duduk terlalu lama di toilet, yang dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan.

Duduk dalam waktu lama dapat meningkatkan risiko wasir karena tekanan pada area dubur meningkat. Selain itu, duduk dalam waktu lama saat menggunakan ponsel pintar dapat menyebabkan postur tubuh yang buruk dan masalah muskuloskeletal seiring berjalannya waktu.

Menggunakan ponsel di kamar mandi dapat mengalihkan perhatian Anda dari fungsi alami tubuh. Gangguan ini dapat menyebabkan buang air besar tidak teratur dan bahkan sembelit, karena Anda mungkin tidak sepenuhnya menyadari sinyal yang dikirimkan tubuh Anda. Seiring waktu, hal ini dapat berdampak negatif pada kesehatan pencernaan Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro