Ilustrasi pasangan yang sedang bertengkar/Freepik
Relationship

Tips Cinta, Ini Solusi Permasalahan Dalam Hubungan Asmaramu

Redaksi
Jumat, 6 Oktober 2023 - 17:48
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Sebuah hubungan tidak akan terlepas dari suatu permasalahan. Hal ini sebenarnya baik karena membantu mengenali sifat pasangan. Namun, jika hubungan terus bermasalah maka mencari solusi adalah hal yang harus dilakukan. 

Permasalahan yang paling umum terjadi dalam suatu hubungan adalah ketidaknyamanan atau tidak menyukai salah satu sikap pasangan. Akhirnya ada keinginan dalam diri untuk mengubah sikap tersebut. 

Hal ini sebenarnya akan sulit untuk dilakukan karena sikap seseorang biasanya sudah tertanam lama dan susah untuk mengubah sikap tersebut secara cepat. 

Ketika tetap memaksa untuk mengubah pasangan dengan mengatakan secara langsung atau melarangnya, hal itu justru menjadi malapetaka dalam hubungan. 

Biasanya, hal ini akan menimbulkan permasalahan, mulai dari permasalahan kecil hingga permasalahan besar yang membuat pasangan menjadi risih dan ingin berpisah. 

Faktanya, hal sebenarnya yang harus dilakukan adalah menerima keadaan pasangan sambil mencari solusi atas permasalahan tersebut. 

Berikut adalah beberapa solusi yang bisa kamu terapkan dalam hubungan kamu: 

1. Mendengarkan

Mendengarkan merupakan salah satu kunci komunikasi yang baik. Banyak orang bisa berbicara banyak hal namun belum tentu mampu mendengarkan dengan baik karena hal ini cukup sulit untuk dilakukan. 

Cobalah untuk luangkan waktu dengan pasangan mu dan dengarkan dia sepenuhnya. Menanggapi ucapannya seperlunya dan jangan mencoba untuk mengguruinya. Lakukan sesuatu yang menunjukkan bahwa kamu mendengarkannya dengan baik, memahami pembicaraannya, dan perasaannya. 


2. Lebih Banyak Merenung 

Ketika hubungan dalam permasalahan dan tidak ada lagi pembicaraan diantara kalian. Cobalah untuk memberi ruang pada diri sendiri dan mulai merefleksikan diri. 

Dalam suatu hubungan sadar diri menjadi hal yang sangat untuk dilakukan. Hal ini membantu menyadari kesalahan sendiri yang mungkin tidak pernah disadari. 


3. Kelola ekspektasi

Diskusikan dengan pasangan tentang eksklusivitas dan komitmen hubungan satu sama lain.

Tanyakan tentang ekspektasi pasangan mengenai hubungan yang dijalani. Tidak hanya itu, kamu juga bisa bersikap jujur dan terbuka mengenai ekspektasi mu sejak awal sehingga dapat mencegah terjadinya kesalahan di kemudian hari.


4. Tetap Berkomunikasi Setelah Pertengkaran 

Setelah emosi mereda, penting untuk memastikan kalian memiliki kesempatan untuk menyampaikan perasaan. Cobalah memberi setiap orang ruang untuk mengomunikasikan sudut pandangnya.

Bersikap terbuka dan jujur mengenai pikiran dan niat seseorang mengenai hubungan itu sendiri dan masa depan dapat memulihkan atau menciptakan kembali rasa aman dalam hubungan.

5. Menjaga Keintiman

Jaga keintiman dan komunikasi membantu menjaga satu sama lain secara emosional. Sebagai permulaan, berkomitmenlah untuk saling memberi peringatan ketika merasa salah satu diantara kalian seperti sedang menjauh.

Ketika hal tersebut terjadi, ajak untuk bertemu dan mulai membicarakan hal tersebut. Setelah itu, berusahalah untuk mendapatkan solusi dari hal tersebut. (Ernestina Jesica Toji)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro