Bibir kering dan pecah./Istimewa
Health

Ini 7 Makanan yang Bisa Membuat Bibir Tetap Lembut

Redaksi
Sabtu, 7 Oktober 2023 - 16:57
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Bibir menjadi salah satu hal yang diperhatikan oleh setiap perempuan selain wajah. Pasalnya memiliki bibir yang sehat dan pink alami menjadi keinginan setiap wanita. 

Namun, sebagian perempuan justru lebih fokus pada kesehatan kulit wajahnya daripada bibir. Padahal bibir yang kering dan pecah menunjukkan masalah yang serius yaitu hidrasi.

Tidak hanya itu, bibir jika tidak dirawat dan diberikan nutrisi yang cukup dapat menyebabkan bibir menghitam sehingga tidak enak dipandang. 

Bibir menjadi hal penting dirawat, hal ini karena bibir menjadi kunci kecantikan di wajah. Ketika sebuah senyuman ditunjukkan dengan keadaan bibir yang sehat dan pink alami wajah akan terlihat lebih cantik. 

Walaupun sekarang banyak perusahaan kosmetik yang menawarkan berbagai produk menarik, merawat bibir secara alami akan lebih baik dan tidak menimbulkan efek samping yang malah memperparah kondisi bibir. 

Berikut adalah superfood yang dapat membantu meningkatkan kesehatan bibir kamu: 

1. Kelapa

Sebagai anggota keluarga pohon palem, kelapa dikenal sebagai salah satu pilihan paling sehat dalam hal perawatan kulit atau kecantikan. 

Meskipun mengoleskan minyaknya memiliki beberapa manfaat, memakannya mentah atau meminum airnya juga dapat memberikan manfaat yang luar biasa bagi bibir. 

Di satu sisi, vitamin C, E, B1, B3, B5, dan B6 yang terkandung dalam kelapa dapat meningkatkan kesehatan kamu. Sedangkan di sisi lain, asam lemak seperti asam laurat dan asam miristat dapat mencerahkan bibir secara alami. 

2. Tomat

Tomat, yang dianggap sebagai buah dan sayuran, digunakan di sebagian besar masakan Indonesia seperti sambal, lalapan, atau dimasukkan ke dalam soto ternyata memiliki banyak manfaat untuk bibir. 

Untuk mendapatkan bibir merah muda secara alami, konsumsilah lebih banyak tomat karena seleniumnya bagus untuk bibir dan kesehatan secara keseluruhan. 

Selain itu, tomat dapat melindungi bibir dari kerusakan akibat sinar matahari dan kerutan lebih lanjut. Yang terbaik adalah menambahkan tomat mentah ke dalam makanan untuk hasil yang cepat. 

3. Madu 

Sebagian besar pengobatan rumahan menyertakan madu karena banyak manfaatnya. Namun, jika pengobatan tersebut tidak berhasil, sudahkah kamu mencoba mengonsumsi madu untuk memberikan manfaat bagi bibir dan kulit dari dalam? 

Jika tidak, maka kamu harus melakukannya, karena madu sangat bagus untuk mencegah hilangnya warna atau pigmentasi. Minumlah bersama dengan air hangat di pagi hari atau cukup minum satu sendok teh madu langsung setelah makan. 

4. Minyak almond

Minyak almond memiliki nutrisi penting seperti vitamin E yang bekerja dengan antioksidan lain seperti vitamin C yang membantu melembabkan bibir. 

Yang perlu kamu lakukan hanyalah mengoleskan minyak almond untuk mendapatkan bibir lembut dan kenyal.

5. Gula

Pernahkah kamu melakukan scrup menggunakan scrub buatan? Hindari penggunaan scrub bibir buatan, melainkan gunakan scrub alami seperti gula yang membantu mengangkat sel-sel mati dan mengembalikan kelembutan alami.

6. Susu

Sifat pelembab susu membantu membuat bibir menjadi lembut. Oleskan susu dan kunyit sebagai pasta pada bibir dan biarkan selama sekitar lima menit sebelum dibilas dengan air. Lakukan hal ini secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal. 

7. Semangka

Salah satu alasan utama dibalik pigmentasi gelap pada bibir adalah dehidrasi. Untuk meningkatkan kelembaban bibir dapat dilakukan dengan mengkonsumsi semangka. 

Buah yang rendah kalori namun tinggi antioksidan, elektrolit, dan air ini sangat bermanfaat untuk menghilangkan kekeringan pada kulit dengan semakin mengurangi pembentukan bercak kasar. 

Makanlah sebagai camilan malam, atau tambahkan ke sarapan. Semakin banyak kamu mengkonsumsinya, semakin baik dan cepat hasil yang akan diperoleh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro