Concealer di bibir/Boldsky.com
Fashion

Tips Melembapkan Bibir

Mia Chitra Dinisari
Minggu, 29 Januari 2023 - 19:51
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Seringkali bibir menjadi bagian yang terlewat untuk dijaga padahal merupakan bagian dari wajah yang perlu dijaga.

Padahal, menjaga kelembapan bibir adalah bagian penting dari rutinitas perawatan kulit. Hidrasi yang tepat dan produk bibir dengan bahan pelembab adalah kuncinya. Temukan cara menjaga kelembapan bibir dengan delapan tips ini.

Ketika kulit di bibir Anda terlalu kering, bisa pecah dan mengelupas dalam kondisi yang disebut "bibir pecah-pecah", yang bisa menyakitkan dan bahkan menyebabkan pendarahan. Dalam kasus yang parah, bibir pecah-pecah dapat menyebabkan infeksi.

Tidak seperti bagian kulit lainnya, bibir Anda tidak memiliki kelenjar minyak, yang berarti bibir tidak dapat melembapkan dirinya sendiri dan cepat kering. Berikut adalah delapan cara menjaga bibir tetap terhidrasi dan sehat:

Untuk menjaga bibir tetap lembab, berikut 8 tips menghindari bibir kering dilansir dari masterclass.

1. Oleskan produk pelembab bibir secara teratur

Untuk mencegah bibir pecah-pecah, aplikasikan produk bibir berkualitas tinggi setiap beberapa jam dan sebelum tidur. Cari lip balm atau pelembap bibir yang disetujui dokter kulit yang bebas pewangi dan mengandung minyak (seperti minyak biji jarak, minyak jojoba, minyak kelapa, atau minyak biji rami), shea butter, ceramide, lilin lebah, atau bahan berbahan dasar minyak bumi. Untuk perawatan bibir yang lebih dalam, pertimbangkan salep bergizi atau emolien kental seperti petroleum jelly putih.

2. Pilih produk tanpa rasa atau wewangian

Kulit di bibir Anda lebih halus daripada bagian kulit lainnya, yang artinya sangat sensitif terhadap produk dan bahan kimia. Hindari lip balm beraroma jeruk, peppermint, mentol, atau eucalyptus dan jauhi bahan-bahan seperti lanolin dan kapur barus—ini dapat semakin mengiritasi kulit dan meningkatkan kekeringan.

3. Hindari menjilat, menggigit, atau mengelupas bibir

Tampaknya intuitif untuk menjilat bibir Anda saat mengelupas atau terasa kering, tetapi air liur Anda tidak melembapkan dan saat menguap dapat membuat bibir Anda semakin dehidrasi. Hindari juga menggigit atau mengelupas bibir Anda—Anda akan semakin mengiritasi kulit.

4. Minum air yang cukup

Penyebab utama bibir kering adalah dehidrasi, jadi minum cukup air sepanjang hari dapat membantu mengatasi bibir pecah-pecah.

5. Eksfoliasi bibir Anda

Jika bibir Anda terkelupas, Anda harus melakukan eksfoliasi untuk membantu mengangkat sel kulit kering atau mati. Gunakan sikat gigi yang lembut atau scrub bibir bebas bahan kimia — bahkan campuran sederhana minyak zaitun dan gula merah DIY akan berhasil. Hindari pengelupasan lebih dari sekali seminggu karena terlalu banyak pengelupasan dapat mengiritasi kulit Anda dan membuat bibir Anda lebih kering.

6. Meningkatkan kelembapan udara.

Iklim kering dan udara musim dingin yang kering dapat memperparah bibir sensitif. Dalam kasus bibir pecah-pecah yang parah, Anda mungkin ingin meningkatkan kelembapan udara di rumah atau kantor Anda dengan pelembab udara, yang akan menciptakan lingkungan yang tidak terlalu menuntut pada kulit kering dan membantu bibir Anda mempertahankan kelembapan.

7. Minimalkan paparan sinar matahari dan gunakan SPF

Sama seperti Anda melindungi bagian kulit lainnya dari sinar matahari yang terlalu banyak dengan tabir surya, Anda juga harus melindungi bibir Anda. Pilih pelembap bibir ringan dengan bahan seperti seng oksida dan titanium oksida dan setidaknya memiliki peringkat SPF 30. Terapkan sebelum Anda menghabiskan waktu di luar ruangan — bahkan di musim dingin. Dalam kasus sengatan matahari atau kerusakan akibat sinar matahari, kompres bibir Anda dengan waslap dingin, obati dengan produk lidah buaya, dan minum banyak air.

8. Pilih produk dan perawatan bibir yang sesuai

Lipgloss yang "menggemukkan" mengandung bahan iritan yang dimaksudkan untuk meningkatkan aliran darah dan membuat bibir Anda terlihat lebih penuh. Pilihlah item perawatan bibir dengan bahan pelembab seperti vitamin E untuk mendapatkan bibir yang montok dan terhidrasi.

Salah satu kandungan produk yang bisa melembapkan bibir adalah yang mengandung vitamin E dan omega.

Research and Development Implora Cosmetics menyebutkan, vitamin E dalam produk lipstrik bisa bekerja sebagai antioksidan.

Sedangkan Omega 3,6,9 dapat melembabkan kulit bibir. 

Asam lemak Omega 3 adalah zat yang baik untuk mencegah bibir kering dan pecah-pecah. Asam lemak ini memiliki sifat anti inflamasi serta membuat bibir lembap. 

Omega 6 mampu melindungi dan menutrisi kulit. Kandungannya yang luar biasa ini juga yang akan membuat bibir tetap lembap, lembut, dan elastis.

Omega-9 pun sama seperti asam lemak lainnya, yakni juga berfungsi mengurangi peradangan pada tubuh. Asam oleik juga merupakan bahan dasar dari selubung saraf pembungkus otak, yakni myelin.

Kandungan Vitamin E dan Omega 3,6, dan 9 ini ada dalam produk terbaru Implora yang berkolaborasi dengan permen Relaxa yakni ImploraXRelaxa Matte Lip Cream.

Kolaborasi ini dirilis pada November 2022 lalu, dengan dua warna yang dikemas sesuai dengan tampilan packaging permen Relaxa.

Dua warna baru yang diluncurkan adalah Lemon dan Cherry. Peminat warna coklat muda dengan hasil natural dapat mencoba Lemon dan Cherry untuk pecinta warna merah pekat.

Uniknya, kedua warna ini dapat digunakan bersamaan dengan teknik ombre lips ciri khas make up Korea. Selain packaging, aroma lip cream saat diaplikasikan pada bibir ada efek mint sama persis seperti permen Relaxa varian Lemon dan Cherry.

Alasan kolaborasi berbentuk lip cream, karena Lip cream masih menjadi produk perona bibir yang diminati oleh wanita Indonesia. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro