Secangkir teh hijau/istimewa
Health

Ilmuwan Sebut Teh Hijau Bisa Cegah Terkena Virus, Termasuk Covid

Mia Chitra Dinisari
Selasa, 10 Oktober 2023 - 08:36
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Penelitian mengungkapkan teh hijau yang diseduh bisa mencegah Anda terkena virus, termasuk covid.

Pasalnya, daun teh hijau kaya akan sejumlah vitamin, mineral, dan antioksidan.

Matcha adalah versi daun teh hijau yang dihaluskan, menghasilkan bubuk halus. Ini mengandung konsentrasi antioksidan dan nutrisi penting yang lebih kuat.

Jika Anda memilih untuk minum teh hijau untuk menurunkan berat badan atau sedang menjajaki matcha latte untuk tren makanan, inilah manfaat kesehatan luar biasa lainnya dari meminum teh ini.

Meminum teh hijau, teh hitam, atau matcha latte dapat membantu melawan subvarian Omicron karena dapat “menonaktifkan secara efektif” virus, menurut sebuah studi baru yang diterbitkan dalam jurnal Scientific Reports.

Para ilmuwan dari Kyoto Prefectural University of Medicine di Jepang sebelumnya telah mengeksplorasi dampak molekul berbasis teh – EGCG dan TFDG – terhadap jenis COVID-19 sebelumnya dan menemukan hubungannya.

Bahan kimia dalam teh ini mengikat protein lonjakan yang menonjol dari permukaan virus COVID dan menghentikannya menginfeksi sel.

“Untuk memperkirakan apakah sub varian Omicron dari SARS-CoV-2 dinonaktifkan oleh teh, suspensi virus dipaparkan pada teh hijau atau teh hitam yang baru diseduh dengan menuangkan air panas atau matang di atas daun teh, atau teh hijau Matcha yang diinaktifkan. baru disiapkan dengan cara mengaduk bubuk teh Matcha ke dalam air panas,” jelas peneliti proses penelitiannya.

Eksperimen laboratorium menemukan bahwa EGCG dan TFDG menempel pada virus di tempat yang sama di mana reseptor ACE2 manusia terhubung.

“Reseptor ini ibarat pintu yang memungkinkan virus masuk ke sel manusia dan menimbulkan penyakit. Ketika bahan kimia teh menghalangi interaksi penting ini, virus kehilangan kemampuannya untuk membuat orang sakit,” jelas studi tersebut.

Para peneliti menemukan bahwa EGCG dan TFDG sangat menekan infektivitas subvarian BA.1 dan XE, sementara efek pada BA.2.75 lebih lemah.

Sebagai bagian dari penelitian ini, tujuh sukarelawan sehat mengonsumsi teh manis yang terbuat dari berbagai jenis teh – matcha, teh hitam dan hijau – atau plasebo.

Para ilmuwan mengatakan, mereka menemukan bahwa semua sub varian omikron yang kami uji secara efisien dinonaktifkan dengan pengobatan dengan teh hijau, teh hijau matcha, dan teh hitam selama 10 detik.”

“Permen yang mengandung teh hijau atau teh hitam mungkin berguna untuk menonaktifkan virus jika dikonsumsi oleh orang yang terinfeksi, untuk mengurangi beban virus di rongga mulut dan saluran pencernaan orang yang terinfeksi, serta untuk mencegah penyebaran virus dari orang yang terinfeksi. orang ke orang terdekat yang tidak terinfeksi.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro