Kualitas parfum merupakan hal terpenting yang harus diperhatikan. /Butiqque
Entertainment

Profil Rizky Arief Dwi Prakoso, Pengusaha Muda Pemilik Parfum HMNS

Mutiara Nabila
Sabtu, 14 Oktober 2023 - 04:39
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Anak muda semakin banyak yang menjadi pebisnis. Tak sedikit dari mereka yang sukses membangun bisnisnya.

Tak hanya bisnis makanan dan minuman, bisnis parfum di Indonesia ternyata juga memiliki potensi dan permintaan besar, sehingga bakal menghasilkan keuntungan besar pula bagi yang serius menekuninya.

Salah satu yang sukses menekuni bisnis parfum adalah anak muda lulusan Institut Teknologi Bandung (ITB), Rizky Arief Dwi Prakoso.

Meskipun mengantongi gelar Sarjana Teknik Geologi, Rizky justru sukses menjadi CEO & Pendiri PT Hadir Mengharumkan Nusantara (HMNS), dan membantu mendirikan EfektifKreatif.

Brand HMNS bermula saat Rizky Arief bersama teman-temannya yang kesulitan mencari parfum berkualitas dengan harga terjangkau. 

Dari ketidakpuasan inilah muncul ide pada 2018 untuk menciptakan parfum dengan kualitas yang sama namun dengan harga yang jauh lebih murah.

HMNS terus mengembangkan produk kreatif, dan pada September 2023, band Malig dan D'Essential berkolaborasi dengan HMNS meluncurkan parfum eksklusif bernama "Untitled Humans".

Kini parfum HMNS tidak hanya populer di kalangan pecinta parfum di Indonesia, namun juga bersaing dan diminati secara internasional. 

Kunci Sukses Berbisnis

CEO HMNS itu mengatakan, ketika membangun bisnis agar tidak takut mendapatkan kritik dan saran dari siapa pun. Karena membuat kesalahan ketika membangun bisnis justru jadi titik yang penting.

"Manajemen risiko itu penting tapi jangan sampai kita 'main aman'. Kebanyakan kita ingin main aman tapi kita jadi nggak belajar apa pun," ungkapnya. 

Dengan melakukan kesalahan atau gagal dalam berbisnis, kita bisa mengevaluasi dan mengetahui kesalahan yang kita perbuat. 

"Kalau kita salah, jangan setengah-setengah, terus kita nggak tau kita salah di mana dan kita harus bikin dari ulang dan kita jadi di tempat yang sama terus," imbuhnya. 

Selain itu, tidak main aman juga menjadi kunci untuk mendapatkan respons dari pasar. Tidak masalah jika nanti ada yang benci sama produk kita. 

"Di HMNS kita merasa tumbuh bersama fans dan haters kita, mereka kasih energi untuk bisa berjalan terus. Kenapa kita dapat haters dan fans karena kita nggak main aman. Kalau kita main aman, kita nggak akan pernah dapat respons dari pasar," jelasnya. 

Respons pasar menurutnya sangat penting. Jika kita sudah lakukan apa pun tapi nggak ada respons dari pasar kita akan bingung kan mau mengarahkan produk kita ke mana.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Mutiara Nabila
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro