Ilustrasi pasangan serasi/Freepik
Relationship

Ini 4 Jenis Hubungan Pria dan Perempuan yang Sering Terjadi

Redaksi
Senin, 16 Oktober 2023 - 17:55
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Setiap hubungan memiliki kebiasaan dan aturan yang berbeda-beda. Jenis hubungan tergantung pada cara pasangan tersebut menjalani kisah percintaannya. 

Jenis hubungan dapat dilihat dari cara sebuah hubungan menyelesaikan permasalahan pria dan perempuan yang dihadapi ataupun keromantisan dalam hubungan. 

Hal ini berbeda dengan psikolog dan terapis yang memiliki banyak cara berbeda dalam memandang struktur hubungan mulai dari gaya keterikatan dan luka masa kecil yang saling terkait, keterampilan komunikasi, dan tantangan perkembangan. 

Dilansir dari psychologytoday.com pada Senin (16/10/2023), cara lain dalam memandang hubungan asmara adalah dengan melihat keseimbangan kekuatan dan bagaimana masing-masing pasangan mendukung atau tidak mendukung pasangan.

Berikut jenis hubungan pria dan wanita yang umumnya terjadi: 

1. Hubungan yang Saling Mendukung dan Bersandar

Dalam hubungan saling mendukung dan menjadikan pasangan tempat bersandar merupakan suatu kondisi yang sangat baik. Jenis hubungan ini membuat hubungan akan terasa lebih membahagiakan dan terasa lebih nyaman.

Meskipun masing-masing telah melakukan yang terbaik, kehidupan sehari-hari dalam hubungan bisa menjadi seperti rollercoaster emosional, dengan krisis dan kekacauan yang kadang-kadang muncul. 

Kadang-kadang, pasangan seperti ini terisolasi dan berpegang teguh pada satu sama lain dengan mengembangkan sikap menentang dunia, namun bisa melewatinya karena dukungan yang didapatkan dari satu sama lain.

Namun, karena hubungan dan kesuksesan individu bergantung satu sama lain, perubahan apapun dalam hubungan bisa menjadi bencana besar.  Jika salah satu memutuskan untuk meninggalkan hubungan atau runtuh secara emosional, keseimbangan hubungan akan terganggu. 

2. Hubungan yang Pengertian

Hubungan awalnya berjalan dengan baik-baik saja, namun dalam satu waktu salah satu pasangan harus berjuang mempertahankan hubungan karena pasangan lainya sedang dalam posisi sibuk dengan urusan hidupnya yang rumit. 

Kondisi ini membuat salah satu pasangan harus menjadi lebih pengertian dan melakukan banyak cara untuk tetap menjaga hubungan. 

Keuntungan dari hubungan jenis ini adalah hubungan akan tetap awet walaupun salah satunya dalam kondisi yang rumit. Salah satu pasangan akan merasa untung dan akan lebih sayang ke pasangannya karena memiliki pasangan yang pengertian dengan keadaannya. 

Sementara salah satunya akan merasa bangga dengan dirinya karena sanggup menjadi pasangan yang selalu pengertian dan menerima semua kondisi pasangannya. 

Namun, kondisi hubungan seperti ini suatu waktu akan kandas. Hal ini bisa disebabkan oleh salah satu pasangan yang mulai lelah dengan kondisi hubungan yang terus-menerus sama. Salah satu pasangan mulai lelah untuk pengertian karena merasa seperti berjuang sendirian dalam hubungan. 


3. Hubungan yang Realistis

Dalam hubungan ini, pasangan akan saling mendukung jika salah satunya membutuhkan dukungan dan jika salah satunya bisa mengatasinya maka tidak ada dukungan yang diberikan. 

Hubungan jenis ini tidak terlalu banyak drama percintaan karena masing-masing akan menjalani hubungan secara realistis dan jarang mempermasalahkan hal-hal kecil. 

Ketika bertemu, pembahasan dalam hubungan bukanlah kisah percintaan melainkan pekerjaan, kuliah, atau permasalahan dalam hidup yang membutuhkan solusi. 

Hubungan jenis ini tidak ada hal-hal romantis namun ketika salah satu pasangan memberikan suatu hal yang romantis itu akan sangat membekas di hati. 

Namun, hubungan jenis ini terkesan terlalu santai dan bahkan ketika salah satu memutuskan hubungan maka pasangan tersebut bisa berteman setelahnya. Tidak akan ada permusuhan dalam perpisahan yang terjadi dan keduanya akan terkesan santai saja dengan perpisahan tersebut. 

4. Hubungan yang Saling Bertanggung Jawab

Dalam hubungan ini, ketika ada permasalahan dalam hubungan, maka keduanya akan melakukan cara untuk memperbaikinya dan semakin mendekatkan diri. 

Dalam hubungan tidak ada yang merasa lebih berjuang dalam hubungan dan tidak ada yang merasa paling tersakiti. Ketika ada perasaan seperti itu maka mereka akan mengkomunikasikannya dan memberikan solusi. 

Hubungan jenis ini terkesan lebih sehat dan akan lebih awet. Tidak akan ada yang merasa lelah atau merasa berjuang sendirian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro