Capres 2024, Ganjar Pranowo mengoleksi buku untuk dibaca
Entertainment

Hobi Capres Cawapres Indonesia 2024, Anies dan Cak Imin Suka Motoran, Mahfud dan Ganjar Suka Baca Buku

Redaksi
Kamis, 19 Oktober 2023 - 16:40
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Hobi merupakan aktivitas yang disukai seseorang dan kerap kali dilakukan untuk menyegarkan dan menenangkan pikiran.

Setiap orang tentunya memiliki hobi yang berbeda. Hobi juga diketahui dapat mempengaruhi perkembangan diri seseorang. Bahkan faktanya hobi bukan sekedar kegemaran saja, tetapi menggambarkan pribadi seseorang.

Tak terkecuali Capres dan Cawapres Indonesia 2024. Mereka kerap membagikan hobi unik mereka di sosial media. 

Ini hobi yang dimiliki Capres dan Cawapres Indonesia 2024, terpantau dari sosial media masing-masing.

1. Anies Baswedan

Anies Rasyid Baswedan atau yang lebih dikenal dengan Anies Baswedan memiliki hobi beragam. Anies mempunyai hobi memelihara hewan-hewan mulai dari kucing, burung hingga Ikan.

Di akun Twitter, Anies pernah mengunggah hobi yang ia tekuni sejak bangku pendidikan yaitu membuat kliping dan menulis.

Anies mengungkap hobi kliping dan menulis yang ia tekuni, dikemas dalam buku-buku sederhana karena pada waktu itu belum ada sosial media yang mendukung seperti sekarang.

Menariknya lagi, Anies memiliki hobi lain yakni motoran. Hobi motoran ini ditunjang dengan Vespa klasik warisan ayahnya.

2. Muhaimin Iskandar

Muhaimin Iskandar atau lebih dikenal sebagai Gus Muhaimin/Cak Imin adalah seorang politisi Indonesia yang sejak 2005 menjadi Ketua Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).  Tidak hanya Ketum, Cak Imin juga pernah menjabat sebagai Sekretaris Jenderal (Sekjen) di PKB.

Bakal cawapres pasangan Anies Baswedan ini ternyata memiliki hobi yang sama dengan Anies. Cak Imin ternyata suka motoran, sama halnya dengan Anies Baswedan. Tidak hanya itu, Cak Imin juga memiliki hobi memelihara burung karena suka akan suara kicauan.

3. Ganjar Pranowo 

Ganjar Pranowo dikenal dengan sosok aktif yang senang berolahraga, mulai dari lari hingga bersepeda. Lewat akun sosial media miliknya, pria berambut putih itu juga cukup sering mengunggah aktivitasnya ketika berolahraga. Tidak heran hal ini menjadi hobi yang melekat pada Ganjar. 

Ganjar juga dikenal memiliki ketertarikan terhadap dunia otomotif khususnya modifikasi sepeda motor.  Dia juga suka membaca dan mengoleksi beberapa buku di lemarinya. Selain itu, karena pekerjaannya yang mengharuskan dia sering bepergian keluar kota, sehingga ia selalu mencicipi masakan asli kota yang ia kunjungi. Kegemarannya menyantap makanan kerap ia bagikan di akun Instagram miliknya.

4. Mahfud MD

Mahfud MD memiliki hobi membaca buku sejak kecil. Uniknya sejak kecil Mahfud menyukai buku-buku yang bercerita tentang silat. Buku cerita yang disukainya adalah cerita silat Kho Ping Hoo. Dia mengatakan bahwa karya sosok itu banyak menyematkan nilai kearifan dan kebijaksanaan yang dapat digali.

5. Prabowo Subianto

Prabowo Subianto, dilantik sebagai Menteri Pertahanan (Menhan) oleh Presiden Republik Indonesia Ir. Joko Widodo pada tanggal 23 Oktober 2019 dalam Kabinet Indonesia Maju Masa Jabatan 2019-2024.

Prabowo merupakan salah satu bakal capres 2024 yang memiliki oleh berbeda dari yang lain. Pasalnya hobi prabowo adalah olahraga yang tergolong ekstrim seperti berkuda, menembak, terjun payung dan pencak silat. (Maria Elfika Simplisia)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro