Ilustrasi perempuan meminum air putih untuk jaga imunitas tubuh/Freepik
Health

Kesalahan Saat Minum Air Hangat yang Bisa Berbahaya untuk Kesehatan

Mia Chitra Dinisari
Minggu, 22 Oktober 2023 - 09:42
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Anda yang rutin minum air putih di pagi hari atau kapanpun mungkin mempercayai manfaat dari kebiasaan ini.

Minum air hangat memang dipercaya bisa membantu pencernaan, mendukung metabolisme, membuang racun, dan membantu menjaga hidrasi.

Namun, kebiasaan ini pun dapat dilakukan secara tidak benar, dan kesalahan tertentu dapat menghambat potensi manfaatnya.

Berikut beberapa kesalahan umum yang harus dihindari saat minum air hangat di pagi hari:

1. Air terlalu panas

Meskipun air hangat dianjurkan, airnya tidak boleh terlalu panas. Air yang terlalu panas dapat merusak jaringan halus di mulut, tenggorokan, dan saluran pencernaan. Sebaiknya gunakan air hangat yang nyaman.

Bagaimana cara menahan gigi berlubang agar tidak semakin parah?​​

2. Tidak pakai air bersih

Sumber dan kualitas air yang Anda gunakan penting. Penting untuk menggunakan air bersih dan disaring untuk menghindari tertelannya kontaminan berbahaya yang mungkin ada dalam air keran.

3. Tidak sikat gigi

Meminum segelas air hangat segera setelah Anda bangun adalah hal yang lumrah. Namun, penting untuk diingat bahwa mulut Anda tidak aktif pada malam hari, sehingga memungkinkan bakteri berkembang biak. Untuk menjaga kebersihan mulut, gosok gigi atau setidaknya berkumur sebelum minum air hangat.

4. Minum air dingin terlebih dahulu

Beberapa orang keliru meminum air dingin di pagi hari karena mengira air tersebut sama bermanfaatnya. Air hangat dianjurkan karena membantu memulai sistem pencernaan dan metabolisme, sedangkan air dingin dapat mengejutkan sistem.

5. Terlalu banyak minum air hangat

Penting untuk tidak mengonsumsi air hangat dalam jumlah berlebihan sekaligus. Menyeruput air secara perlahan lebih efektif karena memberikan waktu bagi tubuh Anda untuk menyerap dan memanfaatkannya, tidak seperti air dalam jumlah besar yang mungkin keluar begitu saja.

6. Minum dari gelas plastik

Air hangat dapat menghilangkan bahan kimia berbahaya dari wadah plastik. Pilihlah wadah kaca atau baja tahan karat untuk menyimpan dan meminum air hangat, karena tidak menimbulkan risiko kesehatan yang sama.

​Pil pertama untuk demam berdarah menunjukkan hasil pada uji coba tantangan manusia, menjanjikan harapan​

Waktu terbaik untuk minum air hangat di pagi hari adalah segera setelah Anda bangun tidur, sebelum makan apa pun. Menunda praktik ini dapat mengurangi efektivitasnya.

Meskipun air hangat umumnya direkomendasikan, preferensi individu penting. Beberapa orang mungkin lebih menyukai air yang sedikit lebih hangat atau lebih dingin.

Kuncinya adalah menemukan suhu yang nyaman dan sesuai untuk Anda. Banyak orang menambahkan perasa, pemanis, atau lemon ke dalam air hangat untuk menambah rasanya.

Meskipun sedikit lemon bermanfaat, menambahkan gula berlebihan atau pemanis buatan dapat menghilangkan manfaat kesehatan dari praktik ini. Yang terbaik adalah membuatnya tetap sederhana dan menghindari menambahkan bahan tambahan yang tidak perlu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro