9 Manfaat Minum Air Hangat Ini Jarang Diketahui (pexels)
Health

Simak 9 Manfaat Minum Air Hangat yang Jarang Diketahui

Nuraini
Jumat, 27 Januari 2023 - 22:28
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Air hangat biasanya diminum saat cuaca sedang dingin karena bisa membuat tubuh lebih hangat dan tidak menggigil.

Namun, tahukah Anda jika ternyata minum air hangat setiap hari bisa menunjang kesehatan tubuh. Simak penjelasan manfaat minum air hangat berikut ini.

Manfaat Minum Air Hangat untuk Kesehatan

Air hangat dapat dikonsumsi kapan saja, baik pagi atau malam hari. Konsumsi air hangat bisa memberikan banyak manfaat untuk tubuh. Melansir dari situs Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga dan beberapa sumber lainnya, berikut sejumlah manfaat minum air putih hangat untuk kesehatan.

1. Melancarkan pencernaan

Salah satu manfaat minum air hangat di pagi hari yaitu bisa melancarkan saluran pencernaan. Dengan demian, pengeluaran feses menjadi lebih mudah dan mencegah sembelit.

2. Menghilangkan nyeri

Manfaat minum air putih hangat di pagi hari lainnya yaitu bisa mengurangi nyeri akibat kram atau ketegangan pada otot perut. Hal ini jugalah yang membuat air hangat dapat meredakan nyeri haid.

3. Meredakan hidung yang tersumbat

Saat sedang flu biasanya hidung akan tersumbat. Kondisi ini pasti akan mengganggu waktu tidur Anda. Salah satu manfaat minum air hangat sebelum tidur yaitu bisa membantu meredakan hidung tersumbat. Hal tersebut dikarenakan air hangat akan menghasilkan uap yang dapat membuat sinus lebih lega.

4. Menyembuhkan radang tenggorokan

Ketika radang tenggorokan, maka area di sekitar mulut akan terasa nyeri akibat bengkak. Kondisi tersebut membuat rasa sakit ketika menelan. Rasa nyeri ini bisa diatasi dengan minum air hangat. Selain itu, air hangat putih hangat juga bisa melancarkan sirkulasi darah dan menyembuhkan pembengkakan.

5. Mengurangi berat badan

Manfaat minum air hangat setiap hari juga diketahui bisa membantu menurunkan berat badan. Air hangat diketahui bisa mengaktifkan sistem pengatur suhu tubuh. Konsumsi air hangat membuat suhu menurun dan metabolisme menjadi aktif. Kondisi tersebut dapat membuat berat badan lebih cepat turun.

Manfaat ini juga disebutkan dalam sebuah studi di PubMed yang menyebutkan bahwa seseorang yang mengkonsumsi air hangat, berat badannya menurun karena adanya efek termal.

6. Melancarkan aliran darah

Salah satu manfaat minum air hangat untuk jantung yaitu bisa melancarkan sirkulasi udara. Kondisi tersebut membuat jantung lebih sehat dan mencegah beragam penyakit kardiovaskuler. Meskipun demikian, pada penderita penyakit jantung, kadar air hangat yang dikonsumsi sebaiknya dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter.

7. Mencegah maag

Manfaat minum air hangat untuk asam lambung yaitu bisa mencegah dan meredakan penyakit asam lambung atau maag. Selain itu, air hangat juga dapat membuat gerakan usus lebih lancar dan proses pencernaan berjalan dengan baik. Kondisi tersebut bisa mencegah perut kembung.

8. Menjaga fungsi saraf pusat

Manfaat minum air hangat lainnya yaitu bisa menjaga fungsi sistem saraf pusat. Sebuah studi menyebutkan bahwa konsumsi air dalam jumlah cukup bisa meningkatkan aktivitas pada sistem saraf pusat.

9. Membuat wajah terlihat awet muda

Salah satu manfaat minum air hangat untuk kecantikan yaitu bisa membuat wajah terlihat awet muda. Hal tersebut dikarenakan air hangat bisa membuat tubuh lebih rileks, sehingga akan membuat wajah terlihat lebih muda. Selain itu, air hangat juga dipercaya bisa memperbaiki sel kulit, sehingga elastisitas kulit terjaga dengan baik.  

Itulah sejumlah manfaat air hangat untuk kesehatan tubuh dan kecantikan wajah. Untuk mendapatkan manfaat yang maksimal, sebaiknya imbangi dengan pola hidup sehat seperti konsumsi makanan bergizi, rutin olahraga, dan istirahat cukup.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Penulis : Nuraini
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro