Candi Cetho/pariwisatajawatengah
Travel

Destinasi Wisata Favorit di Kota-kota Kelahiran Capres dan Cawapres 2024

Redaksi
Senin, 23 Oktober 2023 - 16:14
Bagikan

Bisnis.com, BANDUNG – Saat ini Indonesia sudah memiliki 3 pasangan capres dan cawapres yang akan dipilih oleh masyarakat Indonesia 2024 mendatang.

Para pasangan capres dan cawapres ini tentunya berasal dari latar belakang serta daerah yang berbeda-beda.

Berbagai daerah serta kota-kota di Indonesia ini pastinya menyimpan keindahan alam, keunikan, serta pesonanya tersendiri yang dapat memikat para wisatawan.

Mulai dari keindahan alam, sejarah, hingga kuliner, berikut adalah beberapa destinasi wisata di kota-kota kelahiran capres dan cawapres 2024.

1. Ganjar Pranowo – Kabupaten Karanganyar

- Candi Cetho
Candi Cetho berada di Dusun Cetho, Desa Gumeng, Kecamatan Jenawi, Kabupaten Karanganyar. Kawasan ini merupakan sebuah pelataran dimana terhampar pemandangan yang sangat menakjubkan. Banyak pula pondok-pondok dan juga situs lingga yoni seperti yang berada di kawasan Candi Sukuh.

Candi Cetho pertama kali ditemukan pada tahun 1842. Namun, rekonstruksi penggalian baru dilakukan pada tahun 1929 yang dilakukan oleh Dinas Purbakala Hindia Belanda.

Wisata Candi Cetho buka setiap hari Senin – Minggu, mulai dari jam 07.00 sampai 17.00. Harga tiket masuk sebesar Rp7.000 sampai Rp25.000. Wisata ini memiliki fasilitas tempat parkir, warung makan, dan penginapan.

- Grojogan Sewu
Grojogan Sewu adalah salah satu tempat wisata yang terkenal dan populer di Kabupaten Karanganyar. Grojogan Sewu terletak sekitar 27 km di sebelah timur Kota Karanganyar. Lebih tepatnya di Jl. Raya Tawangmangu, Beji, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

Grojogan Sewu merupakan air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 81 meter. Destinasi wisata ini buka setiap hari pukul 08.00-17.00 WIB. Rentang harga tiket masuknya yaitu Rp20.000 – Rp110.000. Grojogan sewu menyediakan tempat istirahat, kios makanan, kios buah, taman, cinderamata, mushola, kolam renang, toilet, dan tempat parkir.

2. Prabowo Subianto – Jakarta

- Monumen Nasional (Monas)
Monas atau Tugu Monas adalah monumen peringatan setinggi 132 meter yang terletak tepat di tengah Lapangan Medan Merdeka, Jakarta Pusat. Monas didirikan untuk mengenang perlawanan dan perjuangan rakyat Indonesia dalam merebut kemerdekaan dari pemerintahan kolonial Kekaisaran Belanda.
Dilengkapi dengan museum, hingga kini Monas kerap dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara sebagai destinasi wisata. Tugu monas dan museum buka setiap hari mulai pukul 06:00 hingga 16:00 WIB sepanjang minggu kecuali hari Senin saat tugu tutup.

- Taman Mini Indonesia Indah (TMII)
Jika ingin menjumpai dan menikmati keindahan serta keberagaman budaya, flora, fauna Indonesia, sekaligus mendapatkan pengalaman yang edukatif, Anda bisa mengunjungi TMII.

Berdiri di atas area seluas 150 hektar, Taman Mini “Indonesia Indah” hadir sebagai rangkuman kebudayaan 33 provinsi bangsa Indonesia dalam bentuk miniatur kepulauan nusantara lengkap dengan anjungan daerah, bangunan dan arsitektur tradisional, kesenian daerah, taman rekreasi, dan berbagai macam wahana yang menawarkan sarana seni, rekreasi, dan edukasi bagi pengunjung.

TMII mengusung 4 pilar, yaitu green dengan konsep eco-park di mana 70% areanya merupakan area hijau, inclusive untuk semua lapisan masyarakat, culture di mana TMII menjadi destinasi wisata yang mempresentasikan ragam budaya Indonesia, dan smart sebagai fokus dalam implementasi platform digital.

3. Anies Baswedan –Kuningan Jawa Barat

- Telaga Biru Cicerem
Mendapat julukan danau sebening kaca, Telaga Biru menawarkan keindahan telaga yang jernih dan beragam spot foto menarik bersama ikan-ikan. Destinasi wisata ini berlokasi sekitar 25 Km dari Stasiun Cirebon.

- Bukit Paralayang
Jika ingin mengunjungi destinasi wisata yang memacu adrenalin, Bukit Paralayang adalah destinasi yang tepat untuk dikunjungi. Terletak di Desa Cikadu, Bukit Paralayang menawarkan pemandangan spektakuler dan pengalaman terbang di atas Kabupaten Kuningan.

4. Mahfud MD – Sampang

- Sawah Padi-Padi
Bukan hanya panorama sawah yang memikat, Sawah Padi-Padi menawarkan spot-spot menarik untuk para pecinta fotografi.

Pengunjung juga bisa menikmati kuliner khas Sampang, mulai dari hasil laut hingga makanan darat dengan harga yang kompetitif.

- Pantai Lon Malang
Pantai Lon Malang menawarkan keindahan Pantai yang memukau dengan pasir putih yang lembut dan ombak laut yang tenang. Bagi para wisatawan yang mencari tempat untuk bersantai dan menikmati keindahan alam, Pantai Lon Malang bisa menjadi destinasi tujuan

5. Abdul Muhaimin Iskandar (Cak Imin) – Kabupaten Jombang

- Air terjun Tretes
Air terjun Tretes merupakan air terjun tertinggi ketiga yang ada di Indonesia. Meskipun debit airnya tidak besar, namun nuansa alaminya begitu terasa. Bagi Anda yang ingin menikmati keindahan alam, air terjun ini bisa menjadi tujuan destinasi wisata.

- Banyu Mili
Selain keindahan alam, Jombang juga memiliki destinasi wisata buatan. Jika anda penggemar film Hobbit, tak perlu jauh-jauh harus ke New Zealand. Wisata ala rumah hobbit sudah ada di Kabupaten Jombang.

Wisata buatan bernama Banyu Mili di Carang Wulung di Kecamatan Jombang menjadi primadona bagi instagramers. Selain menawarkan wisata buatan, wisata Banyu Mili ini dikelilingi pemandangan alam Kecamatan Wonosalam yang cantik.

6. Gibran Rakabuming – Surakarta

- Pasar Gede
Bagi para pecinta kuliner, Pasar Gede bisa menjadi destinasi wisata jika berkunjung ke Surakarta. Pasar Gede adalah pasar terbesar di Kota Surakarta. Pasar Gede secara harafiah berarti “Pasar Besar” dalam bahasa Jawa.

Pasar ini dikenal dengan beragam kuliner, jajanan, serta oleh-oleh khasnya, seperti gempol pleret, tahok, cabuk rambak, bolang-baling, es dawet, lenjongan, kue pukis, nasi liwet, jamu, aneka keripik, dan masih banyak lagi.

- Es Krim Tentrem
Selain Pasar Gede, destinasi wisata kuliner yang tidak boleh dilewatkan saat mengunjungi Kota Solo adalah Es Krim Tentrem. New Es Krim Tentrem sudah berdiri sejak tahun 1953. Dulunya Es Krim Tentrem berada di Kepatihan, Jebres, namun sekarang pindah di kawasan Ngarsopuro.

Sebagai salah satu pelopor es krim, Es krim Tentrem tetap mempertahankan bahan-bahan alami dalam pembuatannya. Terdapat banyak varian menu es krim yang bisa dipesan, antara lain es krim scoop dengan aneka topping, seperti wafer coklat, wafer roll, choco chips.

Ada juga es krim dengan rasa coklat, vanilla,durian, kopyor dan strawberry. Yang unik es krim rasa menthos, yang sebenarnya terbuat dari es krim rasa mint, namun rasanya mirip dengan rasa permen. (Kresensia Kinanti)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro