Acara YouTube Impact Report 2023
Entertainment

YouTube Beri Penghargaan Bagi Kreator Pemerintahan dan Media

Redaksi
Kamis, 26 Oktober 2023 - 19:38
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – YouTube Impact Report 2023 diadakan sebagai apresiasi kepada para kreator yang memberikan dampak positif, bukan hanya sekedar laporan, acara kali ini diakhiri dengan pemberian awards.

Ratusan kreator Indonesia diundang hadir dalam event YouTube Impact Report 2023 dengan tema besar Kreator Indonesia Berkarya: Watch Indonesia Grow. 

YouTube merupakan platform multiformat yang tidak hanya memberikan manfaat finansial langsung dan tidak langsung yang nyata bagi para kreator, tetapi juga membantu mereka menjangkau audiens global dan mengeksplorasi berbagai sumber pendapatan.

Hasilnya pun dapat dinikmati oleh lebih banyak pihak yang terlibat dalam pekerjaan mereka, bukan hanya kreator atau creative entrepreneur saja. Saat ini, lebih dari 400 ribu kreator dan partner di Indonesia mempekerjakan orang lain untuk menggarap channel YouTube mereka.

Selama lebih dari 11 tahun, YouTube telah mendukung para creative entrepreneur untuk mengejar target profesional mereka, memfasilitasi mereka untuk berbagi minat dan ide dengan khalayak luas, sambil menghasilkan uang dari sana. 

Lebih dari 600.000 kreator di Indonesia telah menerima pendapatan yang terkait dengan kehadiran mereka di YouTube, dan lebih dari 6.000 channel di Indonesia telah menghasilkan uang dari produk monetisasi alternatif pada bulan Desember (2022) saja, naik sebesar 170% dibandingkan tahun sebelumnya.

Terbukti dengan hampir 70% perusahaan media setuju bahwa YouTube merupakan sumber pendapatan yang penting bagi mereka, sementara 73% perusahaan media yang memiliki channel YouTube setuju bahwa YouTube membantu mereka menjangkau audiens baru di seluruh dunia.

Dalam kesempatan ini YouTube memberi apresiasi langsung kepada para kreator di berbagai bidang berdasarkan dampak dan juga goals yang diperoleh kreator selama menciptakan konten pada platform YouTube.

Adapun para penerima awards yang diserahkan langsung oleh Gautam Anand, Vice President & Managing Director, YouTube Asia Pacific, sebagai berikut: 

• Kategori Kreator Pemerintahan

1. Sekretariat Presiden Republik Indonesia menerima penghargaan Gold Play Button

2. Ditjen PAUD Dikdasmen, Kemendikbud Republik Indonesia menerima penghargaan silver play button 

3. Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia menerima penghargaan silver play button 

4. Kementerian Komunikasi dan Informatika menerima penghargaan silver play button 

5. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia menerima penghargaan silver play button 

6. Direktorat SMK, Kemendikbud Republik Indonesia menerima penghargaan silver play button 


• Kategori Kreator Media 

1. Tribunnews menerima penghargaan diamond play button

2. Narasi Newsroom menerima penghargaan Gold Play Button

3. Fokus Indosiar menerima penghargaan silver play button 

YouTube diakui telah menjadi tempat belajar dan bereksplorasi bagi ratusan juta masyarakat Indonesia, sekaligus menunjukkan unsur-unsur terbaik dari budaya Indonesia kepada dunia. Kreator YouTube juga diharapkan menjadi tulang punggung ekonomi digital Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro