Pokemon/youtube
Entertainment

10 Daftar Set Kartu Pokemon Termahal, Paling Mahal Rp83,4 Miliar

Mutiara Nabila
Jumat, 27 Oktober 2023 - 20:17
Bagikan

5. Presentation Blastoise

Harga: US$360,000

Untuk beberapa waktu, kartu starter Kanto ini merupakan kartu Pokémon termahal yang pernah dijual, Presentation Blastoise mengambil alih gelar kelas berat pada Januari 2021, dengan harga yang mencapai US$360.000 dalam lelang.

Meskipun Blastoise tidak memiliki penggemar sebanyak Charizard, karakter ini bukan sembarang meriam berjalan yang berkaki dua, seperti kura-kura. 

Presentation Blastoise awalnya dicetak oleh Wizard's of the Coast sebagai karya demonstrasi, digunakan untuk mendekati Nintendo untuk memproduksi permainan trading kartu yang sudah sukses di Jepang, dalam bahasa Inggris.

Karena masih berupa prototipe, kartu ini menampilkan font yang berbeda, simbol energi air yang hilang, dan masih ada kesalahan ejaan, hal ini pula yang membuat kartu ini semakin berharga.  

Dengan perannya dalam memicu kesuksesan internasional permainan kartu ini, Presentation Blastoise mendapat tempat di pusat sejarah Pokémon TCG. Hanya ada dua kartu Presentation Blastoise yang diproduksi, dengan lokasi kartu lainnya tidak diketahui publik, dan juru lelang masih mempertanyakan keberadaannya saat ini.

4. First Edition Charizard

Harga: US$420.000

Jika menanyakan kepada penggemar biasa kartu Pokémon apa yang paling dicari, kemungkinan besar mereka akan menjawab kartu "Charizard yang mengkilap". 

Charizard edisi pertama populer terus-menerus sejak dirilis pada 1999, Charizards holografik ini telah menjadi daftar keinginan para kolektor dan penggemar selama lebih dari 20 tahun, dan menjadi legenda di mana pun.

Edisi pertama holo Charizard sangat dihargai karena usianya, ketersediaannya yang terbatas, dan gambar yang dapat dikenali sebagai salah satu maskot Pokémon yang sangat digemari. Seperti semua kartu Pokémon edisi pertama, kartu ini tidak memiliki bayangan, dicetak tanpa bingkai gelap.

Ada sangat sedikit kartu tanpa bayangan yang bukan merupakan edisi pertama, namun kombinasi dari tepi tanpa bayangan dan logo edisi pertama itulah yang menjadi sertifikasi keunggulan kartu ini.

Pada Oktober 2020, Charizard holografik tanpa bayangan edisi pertama kondisi PSA 10 mint dibeli oleh mantan rapper Logic di lelang dengan harga US$220.000. Sebulan kemudian, kartu dengan spesifikasi yang sama terjual seharga US$295.000. 

Tapi itu tidak seberapa dibandingkan dengan salinan PSA 10 mint yang dijual pada 2022 seharga US$420.000. Penjualan tersebut saat ini menempatkan Charizard edisi pertama sebagai kartu Pokémon termahal, yang dapat dimainkan, ketiga di dunia.

3. Trophy Pikachu No.2 Trainer

Harga: US$444.000

Di peringkat kedua, setara dengan Trofi Pikachu yang berada di urutan teratas dalam daftar ini,  Trophy Pikachu No. 2 Trainer diberikan kepada pemenang peringkat kedua di dua turnamen Pokémon pertama, pada 1997 dan 1998. 

Kartu ini menampilkan ilustrasi oleh seniman kartu Mitsuhiro Arita dari Pikachu yang bahagia memegang piala.

Pada 7 September 2023 salinan kartu ini dari turnamen kedua pada 1998, yang dikenal sebagai Lizardon Mega Battle atau Charizard Mega Battle, terjual dengan harga US$444.000 di situs lelang Goldin. 

Perbedaan antara hadiah kartu dari turnamen kedua dan pertama hanya teksnya saja. Lantas, mengapa harganya bisa begitu mahal?  Karena kartu ini adalah bagian sejarah Pokemon yang sangat langka dan terpelihara dengan kualitas yang sangat tinggi. 

Hanya ada 15 salinan kartu yang dibuat, dan hanya empat contoh kartu yang bertahan hingga dinilai PSA. Namun, penentu sebenarnya adalah bahwa ini adalah satu-satunya salinan yang mencapai peringkat PSA 10 yang sempurna.  

2. Topsun Charizard Blue Back

Harga: US$493.230

Kartu Topsun Charizard Blue Back akan menjadi kartu Pokémon termahal yang pernah dijual, jika kartu tersebut dihitung sebagai kartu Pokémon yang dapat dimainkan. 

Kartu ini menampilkan Charizard di bagian depan dan memiliki semua teks yang tepat, tetapi kartu ini sebenarnya bukan bagian dari Pokémon TCG resmi. Sebelum Creatures Inc. mengembangkan versi permainan trading kartu yang kita kenal, Topsun mencobanya, dan mencetak beberapa kartu prototipe.

Nah, kartu ini adalah salah satunya, dan bukan sembarang salah satunya. Bagian belakangnya yang berwarna biru dan cetakannya yang tidak bernomor membuatnya semakin langka. 

Pada Januari 2021, versi PSA 10 dari kartu Topsun Charizard Blue Back dan tidak bernomor terjual dengan harga US$493.230 di lelang. Ini menunjukkan bahwa bahkan produk tidak resmi pun bisa dihargai mahal bak emas bagi sebagian orang.

1. Pikachu Illustrator

Harga: US$5,28 juta

Illustrator Pikachu adalah kartu promo Pokémon yang awalnya dibagikan kepada pemenang kompetisi ilustrasi pada 1998 yang diselenggarakan melalui majalah Jepang CoroCoro, dan hanya 39 eksemplar yang pernah dibuat.  

Ini adalah satu-satunya kartu yang menampilkan judul 'Illustrator', dan karya seninya digambar oleh ilustrator Pokémon ternama Atsuko Nishida, pencipta maskot utama Pokémon, Pikachu.  

Kartu ini juga memiliki ikon pena unik di sudut kanan bawah, yang tidak terlihat pada kartu lain, untuk mengingatkan kita akan akar artistiknya.

Tidak diketahui secara pasti berapa banyak kartu Pikachu Illustrator yang masih ada, namun sepuluh salinan bersertifikat PSA telah dinilai sebagai 'mint'. 

Hingga pada Januari 2021, kartu tersebut merupakan kartu Pokémon termahal yang pernah dijual di lelang, dengan kartu kondisi PSA 9 Mint terjual dengan harga US$233.000.

Illustrator Pikachu mendapatkan kembali gelar tersebut dengan memecahkan rekor hanya dalam waktu enam bulan, ketika Logan Paul menghabiskan US$4 juta untuk satu-satunya versi kartu PSA 10 yang ada, sehingga pembelian tersebut diakreditasi oleh Guinness World Records sebagai yang termahal  Kartu Pokémon pernah terjual.  

 

Lalu, dari mana angka US$5,28 juta itu berasal? Untuk menjual kartu seharga US$4 juta itu, kartu versi PSA 9 yang lebih rendah juga diserahkan, yang harganya US$1,28 juta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Penulis : Mutiara Nabila
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro