Ilustrasi perokok
Health

8 Cara Membersihkan Paru-paru untuk Anda yang Perokok

Redaksi
Selasa, 31 Oktober 2023 - 16:35
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Merokok merupakan tindakan yang sangat berbahaya bagi pernafasan dan paru-paru, itu sebabnya merokok sangat dilarang.

Merokok membahayakan hampir setiap organ tubuh, menyebabkan banyak penyakit dan menurunkan kesehatan perokok secara umum. Berhenti merokok menurunkan risiko penyakit terkait merokok.

Berhenti merokok memang hal yang tidak mudah, tetapi semua orang bisa memulainya secara perlahan.

Melepas rokok adalah hal pertama yang dapat dilakukan untuk membersihkan paru-paru, konsumsi makanan bergizi juga membantu mempercepat pembersihan paru-paru.

Lebih lengkapnya simak cara-cara berikut untuk membersihkan paru-paru Anda :

1. Berhenti Merokok

Merokok adalah kebiasaan yang berbahaya bagi kesehatan paru-paru. Rokok mengandung bahan kimia berbahaya yang dapat merusak jaringan paru-paru dan menyebabkan penyakit paru-paru. Berhenti merokok adalah langkah pertama yang paling penting dalam membersihkan paru-paru.

2. Terapi Uap

Menghirup uap dapat membuka saluran udara dan membantu mengencerkan dan membersihkan lendir dari paru-paru. Menghirup uap juga dapat meredakan sementara pasien penyakit paru obstruktif kronik (PPOK) yang mengalami sesak napas.

3. Minum Teh Hijau

Teh hijau mengandung antioksidan penurun peradangan dan beberapa penelitian menunjukkan bahwa teh hijau dapat membantu melindungi jaringan paru-paru dari dampak berbahaya akibat menghirup asap.

4. Berolahraga Secara Teratur

Melakukan olahraga berdampak rendah secara teratur terutama aktivitas aerobik seperti bersepeda, berenang, dan menari dapat membantu meningkatkan kapasitas paru-paru, meningkatkan kadar oksigen dan memberikan banyak manfaat kesehatan lainnya.

5. Makanlah Makanan Anti Inflamasi

Saluran udara yang meradang dapat menyebabkan sesak napas dan rasa tidak nyaman dan berat di dada. Mengkonsumsi makanan dengan sifat anti-inflamasi dapat membantu mengurangi peradangan ini dan membantu Anda bernapas lebih mudah.

6. Menghindari Paparan Lingkungan Berbahaya

Paparan polusi udara, bahan kimia beracun dan asap rokok dapat membahayakan paru-paru. Cobalah untuk menghindari lingkungan berbahaya ini sebisa mungkin. Gunakan masker pelindung saat berada di area yang tercemar dan pastikan tempat tinggal Anda bebas asap rokok.

7. Jaga Kelembapan Ruangan

Memastikan kelembapan yang cukup di dalam ruangan dapat membantu mencegah iritasi saluran pernapasan. Gunakan pelembab udara jika perlu untuk menjaga tingkat kelembapan yang sehat di lingkungan tempat tinggal Anda.

8. Konsumsi Vitamin dan Suplemen

Vitamin dan suplemen tertentu seperti vitamin C, vitamin E, dan omega-3 dapat memberikan dukungan tambahan untuk kesehatan paru-paru. Konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi untuk menentukan dosis tepat sesuai kebutuhan Anda. (Maria Elfika Simplisia)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro