Manfaat jamur untuk kesehatan/Istimewa
Health

7 Manfaat Mengonsumsi Jamur untuk Kesehatan, Salah Satunya Bikin Otak Sehat

Redaksi
Minggu, 5 November 2023 - 09:29
Bagikan

Bisnis.com, BANDUNG – Jamur adalah makanan rendah kalori yang kaya akan nutrisi.

Jamur mengandung banyak vitamin, mineral, antioksidan, serta protein dan serat yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Jamur juga mengandung senyawa (termasuk polisakarida dan sterol) yang dapat membantu melindungi kesehatan tubuh dan mencegah penyakit. Nutrisi dalam jamur meliputi selenium, vitamin B6, Riboflavin, niacin, asam pantotenat, kalium, dan zinc.

Beberapa jenis jamur yang umum dikonsumsi yaitu jamur kuping, jamur kancing, shiitake, enoki, dan jamur tiram. Selain rasanya yang lezat, penelitian menunjukkan bahwa jamur memiliki beragam manfaat untuk kesehatan.

Melansir beberapa sumber, berikut adalah beberapa manfaat mengonsumsi jamur untuk kesehatan.

1. Meningkatkan kesehatan usus

Jamur mengandung zat-zat yang dibutuhkan tubuh untuk menyeimbangkan mikrobioma (jamur, bakteri, dan virus) di dalam usus dan mendorong pertumbuhan bakteri baik.

Dengan mendukung sistem pencernaan dan sistem kekebalan tubuh, jamur dapat membantu memastikan bahwa makanan bernutrisi yang dikonsumsi dapat membuat tubuh tetap sehat dan kuat.

2. Melindungi otak

Nilai gizi jamur dapat membantu melindungi otak dari gangguan kognitif ringan (MCI). Dalam sebuah penelitian, partisipan berusia 60 tahun ke atas yang mengonsumsi lebih dari dua cangkir jamur per minggu memiliki risiko yang jauh lebih rendah terkena MCI.

Penelitian lain menunjukkan bahwa jamur yang kaya akan polifenol dan antioksidan tertentu yang dapat membantu melindungi tubuh dari penyakit neurodegeneratif seperti Alzheimer dan Parkinson.

3. Mengurangi risiko kanker

Jamur kaya akan ergothioneine, asam amino dan antioksidan yang berfungsi untuk mencegah atau memperlambat kerusakan sel. Kandungan ini dapat mengurangi risiko kanker.

4. Mengurangi asupan natrium dan menurunkan tekanan darah

Jamur adalah sumber yang kaya akan kalium, nutrisi yang dikenal untuk mengurangi dampak negatif natrium pada tubuh. Kalium juga mengurangi ketegangan pada pembuluh darah, sehingga berpotensi membantu menurunkan tekanan darah.

Selain itu, jamur memiliki kadar natrium yang rendah, sehingga dapat mengurangi asupan natrium.

5. Mengontrol kolesterol

Jamur shiitake mengandung senyawa yang dapat menghambat produksi kolesterol, menghalangi kolesterol untuk diserap dan menurunkan jumlah kolesterol secara keseluruhan di dalam darah.

6. Memperkuat tulang

Jamur kaya akan vitamin D, yang merupakan nutrisi penting bagi tubuh untuk menyerap kalsium sehingga membuat tulang menjadi lebih kuat.

7. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Efek anti-inflamasi dari jamur telah terbukti sangat meningkatkan efisiensi sistem kekebalan tubuh. Jamur mengandung selenium, vitamin D, dan vitamin B6 dalam jumlah yang tinggi.

Selenium dapat membantu mencegah kerusakan sel dalam tubuh, vitamin D membantu pertumbuhan sel, dan vitamin B6 membantu tubuh membentuk sel darah merah. (Kresensia Kinanti)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro