Guru Bahasa Inggris/internationalliving.com
Travel

10 Bahasa yang Paling Banyak Digunakan di Dunia

Redaksi
Minggu, 5 November 2023 - 10:25
Bagikan

Bisnis.com, BANDUNG – Komunikasi adalah proses penyampaian pesan atau informasi antar manusia dan bahasa merupakan alat utama dalam interaksi ini.

Saat ini, ada lebih dari 700 bahasa di dunia, sehingga sulit untuk menentukan bahasa yang paling banyak digunakan.

Namun, Departemen Riset Statista telah melakukan penelitian dengan mempertimbangkan berbagai faktor untuk menentukan bahasa yang paling banyak digunakan di seluruh dunia.

Melansir laman Satista, berikut adalah 10 bahasa yang paling banyak digunakan di dunia pada tahun 2023.

1. Bahasa Inggris

Dengan lebih dari 1,5 miliar penutur, bahasa Inggris adalah bahasa yang paling banyak digunakan di dunia. Faktanya, bahasa Inggris adalah bahasa resmi di 67 negara dan 27 entitas non-berdaulat.

Karena bahasa ini digunakan secara luas, bahasa Inggris telah menjadi bahasa yang paling umum digunakan dalam pariwisata, bisnis, dan komunikasi internasional secara keseluruhan.

2. Bahasa Mandarin

Tiongkok adalah negara dengan populasi terpadat kedua di dunia, dan bahasa Mandarin telah menjadi bahasa resminya sejak tahun 1930-an. Hal ini menjadikan bahasa Mandarin menjadi bahasa kedua yang paling banyak digunakan di dunia.

Meskipun ada dialek lain yang digunakan secara luas seperti Kanton dan Huanese, lebih dari 70% populasi Tiongkok berbicara menggunakan bahasa Mandarin.

3. Bahasa Hindi

Bahasa Hindi merupakan bahasa yang paling banyak digunakan di India. Menurut perkiraan terbaru, lebih dari 600 juta orang berbicara dalam bahasa Hindi.

Bahasa Hindi telah ada sejak berabad-abad yang lalu dengan pengaruh dari bahasa Sansekerta dan bahasa-bahasa regional lainnya. Bahasa ini ditulis menggunakan aksara Devanagari, dan kosakatanya terdiri dari kata-kata dari bahasa Sansekerta, Persia, Arab, Inggris, Portugis, dan bahasa-bahasa Eropa lainnya.

4. Bahasa Spanyol

Lebih dari 500 juta orang di seluruh dunia, berbicara dalam bahasa Spanyol. Bahasa Spanyol merupakan bahasa resmi di 20 negara dan satu wilayah persekutuan.

Bahasa Spanyol telah menjadi sangat penting dalam bisnis, diplomasi, dan pariwisata internasional. Selain itu, bahasa Spanyol bahkan menjadi salah satu dari enam bahasa resmi Perserikatan Bangsa-Bangsa.

5. Bahasa Prancis

Dengan sekitar 309 penutur, bahasa Prancis adalah bahasa ke-5 yang paling banyak digunakan di dunia. Bahasa ini diakui sebagai bahasa resmi di 29 negara.

Bahasa Prancis memiliki sejarah panjang sebagai bahasa diplomasi, sastra, filsafat, dan ilmu pengetahuan.

6. Bahasa Arab (Standar)

Meskipun bahasa Arab adalah bahasa resmi dari 26 negara, banyak negara dan daerah yang memiliki dialeknya sendiri. Bahasa Arab standar adalah aksen yang paling sering digunakan di antara orang Arab.

7. Bahasa Bengali

Bahasa Bengali merupakan salah satu bahasa yang diakui secara resmi dan digunakan secara luas di India. Bahasa ini juga merupakan bahasa nasional Bangladesh.

Dengan lebih dari 272 juta penutur, bahasa ini merupakan bahasa ke-7 yang paling banyak digunakan di dunia.

8. Bahasa Portugis

Bahasa Portugis memiliki lebih dari 263 juta penutur di seluruh dunia. Bahasa Portugis merupakan bahasa resmi di sembilan negara dan juga digunakan di banyak wilayah lain.

9. Bahasa Rusia

Dengan lebih dari 245 juta penutur di seluruh dunia, bahasa Rusia terutama digunakan di Rusia, Belarusia, Kazakhstan, dan Kirgistan, karena merupakan bahasa nasional negara-negara tersebut.

10. Bahasa Urdu

Bahasa Urdu menempati posisi ke-10 dalam peringkat bahasa yang paling banyak digunakan di dunia. Sekitar 231 juta orang di dunia berbicara bahasa Urdu.

Bahasa ini merupakan bahasa resmi negara Pakistan dan juga digunakan di India. (Kresensia Kinanti)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro