Kumpulan resep olahan daging sapi/Freepik
Health

10 Jenis Daging dan Manfaatnya

Redaksi
Senin, 6 November 2023 - 13:41
Bagikan

Bisnis.com, BANDUNG – Mengandung protein, karbohidrat, dan lemak sehat yang baik, daging merupakan jenis pangan yang sempurna untuk makanan yang sehat dan seimbang.

Secara umum, daging menawarkan sumber protein yang sangat baik dan menyediakan berbagai nutrisi penting.

Namun, sama seperti makanan lainnya, daging bisa menjadi tidak sehat jika dikonsumsi dalam jumlah banyak.

Daging merah telah terbukti sangat berisiko dalam hal penyakit jantung dan kanker, tetapi protein hewani memiliki banyak manfaat jika dikonsumsi dalam jumlah yang tepat.

Manfaat utamanya tentu saja adalah protein, bersama dengan kandungan asam amino esensial dan kolagen. Sebagian besar daging mengandung vitamin B12, B6, K, serta seng dan zat besi yang tinggi.

Ada banyak jenis daging dan tentu saja kandungan nutrisinya pun berbeda.

Berikut adalah 10 jenis daging dan manfaatnya untuk kesehatan.

1. Ayam

Ayam adalah pilihan daging yang paling populer karena kandungan proteinnya yang tidak berlemak dan, seringkali, harganya yang terjangkau.

Selain rendah lemak jenuh, ayam juga mengandung vitamin dan mineral penting, termasuk vitamin B-12, Fosfor, dan asam lemak omega-6.

2. Sapi

Daging sapi mengandung zat besi, seng, dan vitamin B12. Menariknya asam lemak utama dalam daging sapi adalah asam oleat, yang dikenal baik untuk jantung.

Daging sapi juga mengandung berbagai macam senyawa yang baik untuk tubuh, seperti kreatin, asam linoleat terkonjungsi (CLA), dan glutathione.

3. Domba

Daging domba bukan hanya sumber protein yang baik, tetapi juga sumber zat besi, seng, dan vitamin B-12. Memasukkan daging domba ke dalam menu makanan dapat membantu meningkatkan pertumbuhan dan pembentukan otot.

4. Kambing

Meskipun memiliki kandungan lemak yang lebih tinggi dibandingkan dengan daging lainnya, tetapi daging kambing mengandung banyak gizi.

Selain rasa dagingnya yang kuat, daging kambing juga memiliki lebih banyak kalsium dan kalium.

5. Babi

Tinggi akan vitamin B1 serta asam lemak omega-6, daging babi merupakan salah satu jenis daging yang cukup populer di dunia.

Kandungan vitamin B1 memainkan peran penting dalam metabolisme glukosa dan dapat melindungi kesehatan jantung.

Selain itu, daging babi mengandung selenium dan seng yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, melindungi tubuh dari stress oksidatif, dan produksi hormon yang baik.

6. Salmon

Salmon adalah ikan berlemak yang kaya akan asam lemak omega-3 yang menyehatkan jantung, seperti EPA dan DHA.

Selain sebagai sumber protein yang sangat baik, ikan ini juga menyediakan vitamin D dan selenium.

7. Tuna

Daging lain dari keluarga ikan adalah tuna. Ikan ini sarat akan asam lemak omega-3 dan dipercaya dapat meningkatkan fungsi otak dan kesehatan mata. Tuna juga mengandung elastin yang dapat meningkatkan kesehatan kulit.

8. Udang

Udang mengandung kalori yang lebih rendah dibandingkan dengan daging lainnya. Udang juga memiliki kandungan kalsium, fosfor, kalium, vitamin A, vitamin B12, dan B6 yang cukup.

9. Lobster

Selain kaya akan protein, lobster merupakan sumber selenium dan mengandung asam lemak omega-3, sehingga bermanfaat untuk melindungi tubuh dari penyakit tiroid, depresi, dan bahkan anemia.

10. Cumi-cumi

Cumi-cumi adalah sumber kalium yang luar biasa. Dan bagi mereka yang ingin mencoba diet yang lebih ramah keto, cumi-cumi sangat rendah karbohidrat dan dapat dikonsumsi untuk melengkapi kebutuhan protein mereka. (Kresensia Kinanti)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro