Jamselinas ke-12 di Batam/
Travel

Jamselinas di Batam Catatkan Rekor Peserta Mancanegara Terbanyak

Mia Chitra Dinisari
Minggu, 12 November 2023 - 17:10
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Ribuan pesepeda lipat dari berbagai daerah di Indonesia membanjiri dataran Engku Batam Center, Sabtu (11/11/2023). 

Tidak hanya dari tanah air, pesepeda lipat dari mancanegara turut meramaikan menghadiri acara Jambore Sepeda Lipat Nasional (Jamselinas) ke-12 Kota Batam.

Acara ini, dilepas langsung oleh Kepala BP Batam, Muhammad Rudi. Dia mengatakan, saat ini Kota Batam tidak hanya dikembangkan sebagai kota industri. Namun Kota Batam juga berkembang sebagai kota pariwisata.

"Maka hari ini digelar kegiatan pariwisata, Jamselinas ke-12 di Kota Batam," ujarnya.

Untuk itu, seluruh pembangunan infrastruktur yang mendukung kegiatan pariwisata di Batam terus dijalankan.

Dengan harapan, kegiatan-kegiatan pariwisata bertaraf nasional hingga internasional bisa rutin digelar.

Dia menambahkan, dengan adanya kegiatan Jamselinas ke-12 Kota Batam, bisa menjadi contoh bahwa kota ini telah siap untuk menggelar kegiatan pariwisata.

"Mudah-mudahan orang sudah bisa melirik dan sekalian promosi. Mereka akan melewati seluruh jalan yang telah kita bangun. Tentu itu akan menjadi suatu momen promosi kota batam kedepan. Kita berharap, kedepannya kegitan ini akan bertambah dengan kegiatan lainnya," imbuhnya.

Ketua Panitia Penyelenggara Jamselinas ke-12 Kota Batam, Indra Haryanto mengatakan ada 2.500 peserta dari seluruh Indonesia dan mancanegara yang mengikuti Jamselinas ke-12 Kota Batam.

Dengan peserta terjauh berasar dari Papua sebanyak 22 prang.

Sementara untuk peserta dari mancanegara berasal dari Singapura, Malaysia, Philipina, Australia dan Thailand.

"Ini antusiasnya pesertanya sangat luar biasa. Karena yang kita tahu, mereka harus menggunakan pesawat, dengan biaya yang tidak murah," katanya.

Dia juga bersyukur karena Jamselinas ke-12 Kota Batam juga memecahkan beberapa rekor, mulai dari peserta yang menggunakan sepeda Brompton terbanyak dan lainnya.

"Tentunya juga peserta asing terbanyak tahun ini. Karena negara mereka dekat dengan Batam, dan peserta nusantara terbanyak dengan jarak yang cukup jauh," tuturnya.

Sementara itu, salah satu peserta dari Johor Bahru Malaysia, Edaa Syuib mengaku sangat senang bisa hadir dalam Jamselinas yang digelar di Kota Batam.

Menurutnya, jalur yang dilalui dalam event Jamselinas ke-12 ini cukup menantang karena melalui jalur perbukitan. Meski demikian, Edaa sangat menikmati bersepeda di Kota Batam.

"Memang indah, tidak menyesal kami. Karena Batam memang mantap untuk pengalaman kita dari Malaysia memang the best," ujarnya dengan logat Melayu.

Edaa menambahkan bahwa dia hadir ke Kota Batam bersama 60 orang lainnya dari Malaysia. Tidak hanya untuk mengkuti event Jamselinas, Edaa juga akan mengunjungi beberapa tempat terbaik di Kota Batam.

"Saya di Batam tiga hari dua malam, nantinya akan menikmati pemandangan panorama Batam. Kami sudah biasa ke Batam untuk jalan-jalan. Tapi kali ini kami datang ke Batam sekaligus untuk bergabung dengan pesepeda Batam," imbuhnya.

Dia juga memuji keindahan Batam dengan segala infrastruktur pendukung yang kian meningkat pesat.

"Batam sekarang memang indah. Sangat berbeda jauh saat saya terakhir kali datang ke sini. Sekarang, jalan-jalannya bagus," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro