vitamin/helpguide.org
Health

Bahayanya Kebanyakan Minum Vitamin, Bisa Picu Kerusakan Hati

Mia Chitra Dinisari
Selasa, 14 November 2023 - 10:55
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Asupan vitamin yang berlebihan dapat menyebabkan berbagai efek samping yang merugikan.

Meskipun vitamin sangat penting untuk menjaga kesehatan, mengonsumsi suplemen secara berlebihan dapat menimbulkan konsekuensi yang merugikan.

Dilansir dari Timesofindia, salah satu akibat umum dari konsumsi vitamin yang berlebihan adalah mual, yang dapat dikaitkan dengan berbagai vitamin seperti vitamin A, C, dan D. Beberapa orang mungkin mengalami kram perut, diare, dan bahkan muntah.

Ketidaknyamanan gastrointestinal ini biasanya merupakan cara tubuh bereaksi terhadap vitamin yang berlebihan dan berusaha menghilangkannya.

Selain itu, vitamin tertentu dapat menyebabkan efek samping yang lebih parah jika dikonsumsi berlebihan. Misalnya, overdosis vitamin A dapat menyebabkan gejala seperti pusing, sakit kepala, dan bahkan rambut rontok.

Dalam kasus yang parah, hal ini dapat menyebabkan kerusakan hati dan masalah penglihatan. Vitamin D bila dikonsumsi berlebihan dapat menyebabkan kelemahan, kebingungan, bahkan batu ginjal dan aritmia jantung.

Vitamin B6 dan B3 masing-masing dapat menyebabkan kerusakan saraf dan masalah hati, jika asupannya melebihi tingkat yang disarankan. Zat besi, mineral penting, juga dapat menimbulkan risiko, termasuk mual, sembelit, dan sakit perut, yang berpotensi menyebabkan kerusakan organ, terutama pada anak-anak.

Penting untuk dipahami bahwa tunjangan harian yang direkomendasikan (RDA) ada karena suatu alasan; mereka memastikan bahwa individu menerima nutrisi penting dalam jumlah yang tepat tanpa berlebihan.

Sebelum memulai program vitamin atau suplemen, disarankan untuk berkonsultasi dengan profesional kesehatan yang dapat menilai kebutuhan spesifik Anda.

Asupan vitamin yang berlebihan harus dihindari, dan segala kekhawatiran tentang potensi overdosis harus didiskusikan dengan penyedia layanan kesehatan untuk menjaga kesehatan dan kesejahteraan Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro