Ilustrasi/Wikihow
Relationship

9 Tips Meningkatkan Kualitas Tidur Setelah Putus Cinta

Redaksi
Selasa, 14 November 2023 - 15:20
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Putus cinta dengan seseorang setelah sekian lama bersama bisa menjadi pengalaman traumatis yang mempunyai efek fisik dan mental.

Ada efek samping fisik yang pasti dan berbahaya dari perpisahan. Tidak dapat disangkal bahwa hal-hal tersebut adalah dampak yang dapat dirasakan dan dilihat dengan jelas. Salah satu dampak yang sering terjadi adalah kesulitan tidur. 

Anda mungkin akan susah tidur atau lebih sering terbangun di malam hari. Hal ini bisa disebabkan oleh gejala fisik akibat putus cinta atau sekadar pikiran yang gelisah. Peningkatan mimpi buruk juga sering terjadi.

Pikiran bawah sadar mengalami berbagai tekanan secara tidak terduga. Perasaan Anda tentang perpisahan mungkin terwujud dalam beberapa cara yang menakutkan dalam mimpi Anda. Hal ini wajar ketika pikiran sedang bergulat dengan hal-hal serius.

Namun, jika dibiarkan terus menerus tanpa dikontrol dengan baik hal tersebut bisa menjadi kebiasaan yang membawa dampak buruk bagi kesehatan. Untuk itu perlu penanganan agar bisa mengelolah tidur.

Simak 9 tips meningkatkan kualitas tidur setelah putus cinta yang wajib Anda ketahui :

1. Menulis Sebelum Tidur 

Menuliskan pemikiran sebelum berbaring tidur bisa lebih membantu daripada kesadaran. Hal ini seperti membersihkan diri Anda dari semua hal gila yang terjadi di otak Anda.

2. Jangan Menggunakan Obat-obatan 

Konsumsi obat meskipun hanya sekedar obat tidur, tidak bisa menenangkan, tetapi hal ini dapat menyebabkan beberapa komplikasi serius seperti kecanduan dan penyakit mental.

3. Gunakan suplemen atau minyak CBD

Suplemen atau minyak ini sangat efektif untuk banyak hal, termasuk menghilangkan kecemasan. CBD juga memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi yang dapat meningkatkan kesehatan.

4. Perhatikan Pola Makan

Meskipun nafsu makan tidak bagus, Anda harus memastikan bahwa makanan yang Anda makan akan meningkatkan kesehatan. 

Maka makanlah makanan yang kaya nutrisi, hindaru mengonsumsi makanan yang mengandung gula karena dapat meningkatkan kadar gula lebih tinggi lagi, sehingga berbahaya. Jangan lupa untuk terus mencukupi cairan dalam tubuh.

5. Konsumsi Vitamin

Vitamin D dan B akan membantu meningkatkan mood Anda. Kedua vitamin ini membuat produksi serotonin dan dopamin berjalan kembali.

6. Olahraga

Jika Anda baru saja mengalami perpisahan yang traumatis, Anda mungkin merasa tidak punya energi lagi. Namun sebisa mungkin gerakan tubuh Anda untuk berolahraga ringan. Olahraga tidak hanya dapat meningkatkan suasana hati Anda, tetapi juga sistem kekebalan tubuh Anda.

7. Merenung dan Evaluasi 

Anda akan merasakan manfaat yang besar dari evaluasi, tidak hanya untuk tidur tetapi juga untuk penyembuhan emosional. Anda bisa duduk selama 5 menit sebelum bangun dari tempat tidur atau sebelum Anda merebahkan kepala di malam hari.

Lakukan hal-hal yang menyenangkan dan buang perasaan buruk. Anda bisa mendengrkan musik-musik meditasi untuk menenangi emosi Anda. 

8. Bicaralah dengan Seseorang

Sangat membantu jika Anda bisa mengungkapkan perasaan Anda dengan jujur. Ini bisa dilakukan dengan seseorang yang dekat dengan Anda atau bahkan terapis. Membicarakan perasaan Anda dapat membantu Anda melewati tahap-tahap kesedihan lebih cepat dibandingkan jika Anda mencoba menangani semuanya sendiri.

9. Praktekkan Syukur

Sulit untuk bersyukur atas apa pun setelah putus cinta. Namun, bukan berarti Anda tidak punya hal yang patut disyukuri. Latihan syukur setiap hari dapat membantu mengubah pola pikir negatif menjadi positif. Daripada merenungkan masa lalu, Anda berlatih berpikir positif di masa sekarang. Cobalah memulai jurnal rasa syukur, di mana Anda menuliskan lima hal yang Anda syukuri pertama kali di pagi hari dan sesaat sebelum tidur. (Maria Elfika Simplisia)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro