Vitamin/helpguide.org
Health

Simak Manfaat Vitamin D untuk Perempuan, Hilangkan Nyeri Haid hingga Tingkatkan Peluang Hamil

Mutiara Nabila
Kamis, 16 November 2023 - 05:35
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Vitamin E memiliki banyak manfaat, terlebih untuk wanita, dan tidak hanya untuk sebatas menjaga kesehatan kulit. 

Ada banyak manfaat lain yang dapat diperoleh dari mengosumsi vitamin E, di antaranya seperti meredakan nyeri haid, meningkatkan peluang hamil, hingga mempercepat pemulihan tubuh pascaolahraga.

Manfaat vitamin E untuk wanita bisa diperoleh dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan kandungan vitamin ini.

Dilansir dari Personalabs, bermanfaat konsumsi vitamin E:

1. Memerangi Stres Oksidatif dan Meningkatkan Antioksidan

Stres oksidatif berkembang karena ketidakseimbangan antara pertahanan antioksidan tubuh dan produksi oksigen reaktif, yang menyebabkan kerusakan sel dan meningkatkan risiko penyakit.

Sebagai antioksidan kuat, vitamin E menunjukkan potensi dalam mengurangi penanda stres oksidatif dan meningkatkan pertahanan antioksidan. 

Selain itu, sebuah studi pada 2019 yang berfokus pada individu dengan nefropati diabetik menunjukkan potensi vitamin E dalam mengurangi stres oksidatif. Nefropati diabetik adalah kerusakan ginjal yang disebabkan oleh tingginya kadar gula darah.

Dalam penelitian tersebut, ditemukan bahwa mengonsumsi 800 IU vitamin E setiap hari selama 12 minggu meningkatkan glutathione peroksidase (GPx), yang merupakan enzim antioksidan yang melindungi sel dari kerusakan oksidatif.

2. Menjaga kesehatan rambut

Tak hanya kulit, rambut juga membutuhkan nutrisi untuk tetap sehat. Vitamin E adalah salah satu nutrisi yang diperlukan agar rambut tidak mudah rusak dan tetap berkilau.

Selain itu, vitamin E juga terbukti bisa meningkatkan aliran darah ke kulit kepala sehingga membuat rambut lebih kuat, tidak mudah patah, sehingga mengurangi kerontokan dan merangsang pertumbuhan rambut agar tumbuh lebih lebat.

3. Mengelola Dismenore

Dismenore, atau nyeri haid yang parah dan ketidaknyamanan pada panggul ketika haid, dapat berdampak signifikan terhadap kualitas hidup seorang wanita. Suplementasi vitamin E ampuh untuk mengurangi nyeri yang berhubungan dengan dismenore.

Dalam sebuah penelitian yang melibatkan wanita penderita dismenore, suplementasi vitamin E setiap hari dapat meredakan nyeri haid. Selain itu, menggabungkan vitamin E dengan suplemen omega-3 meningkatkan pereda nyeri.

Penelitian lain berfokus pada wanita dengan endometriosis, suatu kondisi yang terjadi ketika jaringan rahim tumbuh di luar rahim. Suplementasi vitamin E dan vitamin C mengurangi keparahan nyeri panggul dan dismenore pada wanita-wanita ini.

4. Meningkatkan peluang kehamilan

Bagi wanita pejuang garis dua yang sedang mencoba untuk hamil, penting untuk mencukupi kebutuhan vitamin E harian, karena, vitamin ini diketahui bisa menjaga kualitas sel telur. 

Dengan kualitas sel telur yang baik diharapkan hasil pembuahan dan perkembangan janin nantinya juga akan semakin baik.

Selain itu, antioksidan yang terkandung dalam vitamin E mampu menjaga kesehatan organ intim dari efek paparan radikal bebas yang juga berpotensi menyebabkan gangguan kesuburan.

5. Meningkatkan Kesehatan Kulit

Vitamin E dapat menjaga kesehatan kulit, yang menjadi kekhawatiran umum bagi banyak wanita. Para peneliti telah meneliti vitamin E dalam meningkatkan kesehatan kulit, khususnya pada individu dengan kelainan kulit tertentu seperti eksim.

Meskipun penelitian di bidang ini masih terbatas, studi pendahuluan telah menunjukkan hasil yang menjanjikan. Suplemen vitamin E untuk kulit dapat membantu meringankan gejala yang berhubungan dengan eksim, seperti gatal dan peradangan.

Meskipun diperlukan lebih banyak penelitian untuk memahami sepenuhnya efek vitamin E pada kesehatan kulit, sifat antioksidan dan potensi efek anti-inflamasinya menjadikannya nutrisi yang menjanjikan untuk menjaga kesehatan kulit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro