Yogyakarta merupakan kota yang menghasilkan seniman berkualitas
Entertainment

Seniman Yogyakarta Khadir Supartini Gelar Pameran Tunggal di Jakarta

Mutiara Nabila
Kamis, 16 November 2023 - 00:07
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Seniman asal Yogyakarta, Khadir Supartini, menampilkan karyanya menggunakan berbagai media dalam pameran bertajuk "Pasar, People, Portraits" di Jakarta.

Melalui lukisan-lukisannya, Khadir Supartini mengundang para pecinta seni untuk mengeksplorasi makna identitas di tengah pergeseran sosial yang drastis.

Melalui perspektif itu, karya-karya Khadir menonjolkan proses ketika seniman mencoba mengekspresikan perasaan atau pengalamannya, dengan 'mendistorsi' realitas. 

Dalam proses itu pula, Khadir mengabaikan "hukum-hukum"atau "keharusan-keharusan" yang (pernah) dikenakan kepada praktik seni untuk mengejar keleluasaan yang dia inginkan.

Karya-karya seni Khadir Supartini kini dipamerkan di PITA Showroom, SequisCenter Mezzanine, Jakarta. Pameran yang berlangsung mulai 15 - 25 November 2023 yang kembali mengeksplorasi hubungan antara ruang, manusia, dan jiwa dalam mengekspresikan pikiran dan perasaan manusia, baik ketika berdiri sendiri maupun saat berinteraksi dengan orang lain, atau dengan ruang-ruangnya.

Konteks tersebut disambut baik oleh PITA, sebuah ruang yang fokus mengkurasi produk desain, furnitur dan craftsmanship, baik brand lokal maupun internasional, dalam menyediakan showroom barunya sebagai ruang pameran. 

"Di PITA, pameran senin tak hanya ditampilkan di ruangan kosong, tapi juga dilengkapi dengan berbagai furnitur yang menjadikan PITA sebagai human-centric space, di mana setiap individu dapat saling berinteraksi, bertukar ide dan pikiran," ujar Alwi Sjaaf, sosok di balik PITA, yangmenjadi penyelenggara pameran Khadir Supartini. 

Tak hanya lukisan, Khadir Supartini juga menampilkan karya patung, gambar, dan lukisan batik. Melalui karyanya dia berdialog harmonis dengan elemen-elemen desain dan produk di ruang pamer PITA. 

Dalam karyanya, dia juga mengulas isu-isu marginal yang cukup santer terasa dalam pameran tunggal teranyarnya di Jakarta setelah 1 dekade berlalu. 

Pameran Tunggal Khadir Supartini juga didukung penuh oleh Artelier.Id dan JAGAD Gallery. JAGAD adalah sebuah galeri seni rupa ternama di Bali yang baru saja mengembangkan sayapnya di Jakarta. 

JAGAD juga berpartisipasi dalam Art Jakarta 2023 salah satunya dengan menghadirkan sebuah instalasi raksasa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro