Treasury Art
Entertainment

Karya Instalasi Media Digital di Treasury Art Prize

Mutiara Nabila
Sabtu, 18 November 2023 - 12:15
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pekan pameran seni rupa internasional ART Jakarta kembali digelar. Salah satunya berkolaborasi dengan perusahaan perdagangan emas digital, Treasury, melaksanakan Treasury Art Prize. 

Treasury Art Prize adalah hasil kolaborasi antara Treasury dan Jakarta, yang menggabungkan dua dunia yang berbeda namun memiliki sejumlah nilai bersama. 

"Kami ikut ini karena menurut kami sebenarnya emas dan kesenian itu punya hal yang sama, sering dianggap sebagai suatu hal yang bernilai," ungkap CEO Treasury, Andreas Setiawan Santoso saat ditemui di ART Jakarta, Jumat (17/11/2023).

Melalui inisiatif ini, Treasury bertujuan memberikan kontribusi berarti dalam ranah seni dengan memberikan penghargaan dan apresiasi kepada seniman-seniman berbakat yang berpartisipasi.

Dengan dukungan dari ART Jakarta, Treasury secara eksklusif menyeleksi dan mengundang seniman-seniman untuk menggambarkan tema yang diberikan oleh Treasury, dan mengubahnya menjadi proyek seni yang mencakup berbagai bentuk seperti instalasi, patung, lukisan dan media lainnya. 

Ada puluhan seniman yang diundang, hingga dikurasi menjadi hanya 10 orang. Masing-masing seniman mengirimkan proposal satu karya untuk dilombakan dan kemudian dibantu oleh para dewan juri untuk menilai karya terbaik dan membawa satu pemenang yang karya instalasinya ditampilkan di ART Jakarta ini. 

Pemenangnya adalah Eldwin Pradipta dengan karya instalasi digital bertajuk "This Artwork". Karya ini menampilkan balok-balok seperti bar chart atau diagram batang, seperti data yang menunjukkan naik turunnya harga emas secara real time. 

Karya Eldwon juga dan menggunakan teknologi digital untuk menampilkan esensi dari tema yang diberikan Treasury. 

"Dari sekian banyak karya yang ada, ada yang patung, lukisan dan sebagainya, ini yang paling cocok dengan kami, sebagai platform perdagangan emas fisik digital. Karyanya juga seperti menggambarkan naik turunnya harga emas," ungkap Andreas. 

Selain itu, lanjut Andreas, karya Eldwin juga seperti menggambarkan nyawa dari Treasury di mana perdagangan emas selain digital tapi juga ada fisiknya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Mutiara Nabila
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro