Radang sendi/Istimewa
Health

10 Makanan yang Bisa Meredakan Nyeri Sendi

Redaksi
Kamis, 23 November 2023 - 11:23
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Nyeri sendi adalah rasa sakit dan tidak nyaman pada sendi, yaitu jaringan yang menghubungkan dan membantu  pergerakan antara kedua tulang. 

Faktor utama terjadinya nyeri sendi karena osteoartritis, yaitu mengikisnya tulang rawan yang bertugas untuk melindungi ujung tulang, agar tidak bergesekan dengan tulang lainnya.

Selain itu, nyeri sendi bisa juga disebabkan oleh cedera saat melakukan aktivitas berat dan penerapan pola makan yang salah. 

Dilansir dari Maryland Orthopedic Specialist, Kamis (23/11/2023), simak 10 makanan yang dapat membantu meringankan nyeri sendi.

1. Ikan berlemak

Ikan yang mengandung lemak omega-3 seperti salmon, makerel, dan herring merupakan salah satu sumber lemak baik yang dapat menekan produksi enzim, untuk memperkuat tulang rawan dan melawan nyeri sendi akibat osteoartritis.


2. Ceri

Menurut penelitian, ceri dapat mengurangi serangan asam urat. Selain itu, ceri mengandung senyawa yang dikenal antosianin yang dapat mengurangi peradangan. 

Untuk mengonsumsinya Anda bisa jadikan ceri sebagai camilan atau dibuat minuman jus tanpa tambahan gula.

3. Teh hijau

Teh hijau mengandung banyak senyawa, termasuk antioksidan dan polifenol yang mengurangi peradangan nyeri sendi dan memperlambat kerusakan tulang rawan.

4. Alpukat

Buah alpukat kaya akan lemak jenuh yang dapat menyehatkan jantung, alpukat juga mengandung vitamin E yang berfungsi untuk meningkatkan kesehatan jaringan ikat dan mengurangi kerusakan sendi.

5. Sayuran berdaun hijau

Mengkonsumsi bayam, kangkung dan sayuran berdaun hijau lainnya mengandung Vitamin C, A, dan K yang bertugas sebagai antioksidan untuk melindungi Anda dari radikal bebas serta melindungi sel dalam tubuh dan mengurangi nyeri sendi.

6. Sayuran bewarna oranye

Wortel, ubi jalar, dan labu madu merupakan sayuran yang mengandung karotenoid. Senyawa ini memiliki antioksidan yang kuat yang dapat mengurangi peradangan. 

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi makanan yang kaya akan antioksidan, dapat mencegah risiko terkena rheumatoid arthritis, yaitu penyakit yang menyerang sendi dan jaringan di sekitarnya, seperti tulang dan otot.

7. Benih lenan

Biji rami kaya asam lemak omega-3, khususnya jenis yang dikenal sebagai Asam Alfa Linolenat (ALA). 


8. Kacang kenari

Kacang kenari juga memiliki kandungan Asam Alfa Linolenat (ALA) yang tinggi. Jika Anda mengonsumsinya, tubuh Anda memproduksi lebih sedikit protein C-reaktif, penanda peradangan pada penyakit jantung, artritis, terutama Artritis Reumatoid.

Untuk mengonsumsi kacang kenari bisa jadikan camilan, dimasukan ke dalam salad atau hidangan tumis.


9. Jahe 

Selain memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, ternyata jahe juga dapat mengurangi nyeri sendi yang diakibatkan oleh osteoartritis.


10. Jeruk

Buah jeruk terkenal akan vitamin C yang tinggi, sehingga dapat menyembuhkan luka dan mendukung kesehatan tulang rawan. (Lala Wahyuningsih)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro