Bayam/bandt.com.au
Health

7 Sarapan 'Terbaik' untuk Kurangi Nyeri Sendi, Rekomendasi Dokter

Mia Chitra Dinisari
Selasa, 3 Oktober 2023 - 11:55
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Ditandai dengan peradangan, radang sendi merinci kondisi umum yang memicu nyeri pada persendian Anda.

Untungnya, pilihan makanan tertentu dapat membantu mengurangi peradangan dan mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh kondisi sendi.

Dr Sunni Patel, dari Dish Dash Deets, mengatakan sarapan bisa menjadi awal yang tepat untuk mengurangi nyeri sendi.

“Meskipun tidak ada sarapan khusus yang dapat menyembuhkan radang sendi, beberapa makanan dapat membantu mengurangi peradangan dan meredakan nyeri radang sendi,” kata dokter.

Berikut 7 sarapan tepat untuk Anda yang punya masalah nyeri sendi

1. Gandum

Bahan utama dalam bubur favorit, oat kaya akan serat dan antioksidan.

Dr Patel menjelaskan serat dapat membantu mengatur kadar gula darah dan secara tidak langsung dapat mengurangi peradangan.

“Kadar gula darah yang stabil dapat membantu mencegah lonjakan peradangan,” tambah dokter.

2. Buah beri

Baik Anda penggemar blueberry, stroberi, atau raspberry, buah beri ini kaya akan senyawa anti-inflamasi.

Karena peradangan kronis adalah penyebab utama nyeri artritis, mengonsumsi makanan yang dapat membantu mengekang penyebabnya dapat meringankan gejala Anda.

3. Yoghurt Yunani

Makanan pokok sarapan lainnya, yoghurt Yunani kaya akan protein dan probiotik, yang dapat mendukung kesehatan usus dan mengurangi peradangan.

Penelitian yang muncul menunjukkan bahwa mikrobioma usus yang sehat mungkin memiliki dampak positif pada peradangan dan kondisi autoimun seperti arthritis.

4. Kacang-kacangan dan biji-bijian

Dari almond hingga biji rami dan kenari hingga biji chia, kacang-kacangan terbukti memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi.

Antioksidan membantu menetralkan molekul berbahaya yang disebut radikal bebas, yang dapat menyebabkan peradangan dan kerusakan jaringan pada persendian.

5. Bayam atau kangkung

Meskipun sayuran mungkin bukan pilihan sarapan Anda, Anda tidak boleh mengabaikan sayuran berdaun hijau karena mengandung banyak vitamin dan mineral yang dapat bermanfaat bagi kesehatan sendi.

Sama halnya dengan oat, kandungan serat pada bayam atau kangkung dapat berkontribusi pada kestabilan glukosa darah dan membantu mencegah lonjakan peradangan, jelas dokter.

6. Kunyit

Terkenal dalam bentuk latte kunyit, kunyit telah terbukti memiliki sifat anti-inflamasi.

Namun, Anda memerlukan lada hitam atau lemak untuk membantu meningkatkan bioavailabilitas senyawa kuat yang disebut kurkumin.

Inilah sebabnya mengapa lada hitam dan susu dalam kunyit latte dapat membantu menjembatani kesenjangan antara manfaat kesehatan dari rempah-rempah dan ketersediaan hayatinya.

Jika Anda bukan penggemar kunyit latte, Dr Patel merekomendasikan untuk menambahkan beberapa bahan emas ke dalam smoothie Anda.

7. Teh hijau

Menawarkan lebih dari sekedar kafein, teh hijau kaya akan antioksidan yang disebut katekin.

Menawarkan berbagai manfaat kesehatan, katekin dapat membantu mengurangi peradangan, tambah dokter.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro