Kopi panas sangat cocok diminum saat musim hujan/Freepik.com
Kuliner

10 Makanan dan Minuman Cocok Disantap Saat Musim Hujan

Redaksi
Sabtu, 25 November 2023 - 21:18
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Sebagian daerah di Indonesia dan Ibu Kota Jakarta telah diguyur hujan setiap hari dan ini adalah tanda Jakarta telah memasuki musim hujan.

Memasuki musim hujan, orang juga akan berburu kuliner untuk menghangatkan tubuh. Sup dan coklat panas menjadi pilihan yang tepat. Namun tidak hanya itu, masih banyak pilihan makanan dan minuman yang cocok saat musim hujan. 

Dirangkum dari berbagai sumber, makanan dan minuman yang cocok untuk musim hujan adalah sebagai berikut: 

1. Jagung 

Jagung adalah makanan musim hujan yang nikmat dan cocok dikonsumsi saat musim hujan. Menambahkan nikmatnya jagung, kamu dapat menambahkannya dengan berbagai rasa seperti rempah-rempah, mentega, bawang putih dan lemon. Jagung sangat terjangkau dan merupakan camilan yang mudah dicerna untuk musim hujan.

2. Gorengan

Gorengan dengan secangkir teh, adalah kombinasi yang sangat baik untuk musim hujan dan makanan lezat selama musim hujan yang tersedia hampir di setiap tempat. Ditambah dengan saus dan cabe, menambah kenikmatan di setiap gigitannya.  

3. Sup 

Sup panas membantu menjauhkan tubuh dari infeksi, flu dan virus serta mendukung kehangatan tubuh. Makanan ini membawa kebahagiaan karena menghilangkan stres dengan cuaca yang dingin dan menawarkan berbagai manfaat kesehatan.

4. Dimsum

Dimsum adalah makanan musim hujan terbaik dan wajib dicoba. Dimakan hangat, dijamin ikut menghangatkan tubuh. 

dimsum
dimsum

5. Coklat Panas

Minum secangkir coklat panas, dapat meningkatkan kehangatan tubuh. Selain itu, secangkir coklat hangat juga dapat meningkatkan mood kamu, sehingga minuman yang satu ini sangat direkomendasikan. 

6. Kopi/Teh Panas

Kopi dan teh panas menjadi minuman yang biasa, tetapi meminumnya saat musim hujan adalah cara pas. Kenikmatan kopi panas atau teh panas dapat menghangatkan tubuh saat musim hujan. 

7. Bakso

Bakso bisa menjadi pilihan yang tepat saat musim hujan.  Makanan berbahan dasar daging ini digemari oleh berbagai kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang tua.

Paduan daging, sayur, mie, dan bahan lain sebagai pelengkapnya akan memuaskan lidah sekaligus menghangatkan tubuh dari cuaca dingin.

bakso
bakso

8. Soto

Tidak jauh berbeda dari bakso, soto juga menjadi pilihan yang tepat. Makanan berkuah yang satu ini juga cocok untuk menghangatkan tubuh saat musim hujan dan cuaca dingin. 

9. Mie Rebus

Jangan lupakan makanan instan yang satu ini.  Mie rebus kini hadir dengan berbagai varian rasa. Bahkan, kamu bisa mengolahnya dengan berbagai campuran, seperti sosis, bakso, daging dan juga sayuran.

Mie rebus bisa menjadi pilihan terbaik sebagai makanan saat hujan, terlebih karena harga yang terjangkau dan dijumpai dimana saja. 

10. Wedang Jahe 

Wedang jahe adalah hidangan minuman sari jahe tradisional dari daerah Jawa Tengah, DI Yogyakarta dan Jawa Timur, Indonesia yang umumnya disajikan hangat atau panas.

Kehangatan wedang jahe dan rasa mint pada tenggorokan menjadi pilihan yang cocok saat musim hujan. Bukan hanya itu, wedang jahe juga bermanfaat bagi kesehatan. (Maria Elfika Simplisia)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro