Buah Nanas
Health

Manfaat dan Efek Samping Makan Buah Nanas, Sudah Tahu Belum?

Mia Chitra Dinisari
Selasa, 28 November 2023 - 10:53
Bagikan

Manfaat makan nanas

1. Sifat Antioksidan

Nanas merupakan sumber antioksidan yang baik seperti flavonoid dan asam fenolik, yang membantu memerangi stres oksidatif, sehingga mencegah kerusakan sel dan peradangan dalam tubuh.

2. Membantu menyehatkan Pencernaan

Bromelain, enzim yang ditemukan dalam nanas, membantu pencernaan protein dan dapat membantu meringankan masalah pencernaan. Oleh karena itu, ada manfaat kesehatan usus dari jus nanas bila dikonsumsi dalam jumlah sedang.

3. Efek Anti-inflamasi

Bromelain dalam nanas memiliki sifat anti-inflamasi, yang dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh dan meringankan kondisi seperti radang sendi. Oleh karena itu, memasukkan nanas ke dalam makanan mungkin memiliki aplikasi terapeutik dalam mencegah kasus penyakit inflamasi.

4. Bantu Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan vitamin C yang tinggi dalam nanas berkontribusi pada sistem kekebalan tubuh yang sehat, membantu tubuh melawan infeksi dan penyakit. Jadi, konsumsi nanas secara teratur dapat memberikan manfaat potensial bagi sistem kekebalan tubuh.

5. Meningkatkan Kesehatan Kulit

Vitamin C, bersama dengan antioksidan kuat lainnya, meningkatkan sintesis kolagen, mendukung kesehatan kulit dan mengurangi tanda-tanda penuaan.

6. Kesehatan Jantung

Kalium dalam nanas mendukung kesehatan jantung dengan membantu mengatur tekanan darah, dan kandungan seratnya dapat membantu menurunkan kadar kolesterol.

7. Membantu Manajemen Berat Badan

Nanas rendah kalori dan tinggi serat, menjadikannya camilan yang mengenyangkan dan bergizi yang dapat membantu manajemen berat badan. (Luygi Ambh)ara Putri

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro