Ariel Tatum siap Jaipongan
Entertainment

Belajar Tari 5 Tahun, Ariel Tatum Siap Tampil Jaipongan di "Sukabumi 1980"

Mutiara Nabila
Jumat, 1 Desember 2023 - 20:45
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Artis dan selebriti Ariel Tatum bakal hadir dan tampil menari di pagelaran seni bertajuk "Sukabumi 1980", untuk melestarikan tradisi Sunda. 

Menuju hari pertunjukan, Ariel Tatum mengungkapkan, dalam beberapa tahun terakhir, dirinya semakin menyadari bahwa dia memiliki minat yang tinggi dengan tradisi dan kebudayaan Indonesia yang sudah diwariskan secara turun temurun oleh para leluhur.

Selain mengenakan kain dan juga kebaya dalam berbagai aktivitas, salah satu tradisi yang ditekuninya akhir-akhir ini adalah mempelajari tari tradisional. 

"Kecintaan saya akan tari tradisional dimulai sejak 5 tahun lalu ketika saya mulai mempelajari tarian khas Solo dan Yogyakarta dan di sini saya berkesempatan membawakan Tarian Jaipong bernama Adumanis yang kental dengan kebudayaan Sunda," jelasnya dalam konferensi pers di Jakarta, Jumat (1/12/2023).  

Ariel juga menceritakan kisah persiapannya menuju "Sukabumi 1980". Sebelumnya, dia menari Jawa untuk kesenangan pribadi, dan merasa tidak punya kapasitas untuk disebut sebagai penari tradisional. 

"Menari Jawa hanya karena aku senang, sebagai bentuk meditasi yang dinamis, pergerakan tarinjawa kan banyak detail yang harus diperhatikan. Suatu hari, teh Happy Salma ajak coba jaipongan, ternyata seru dan beda banget dari tari Jawa, aku merasa ini tari yang bebas, semua masyarakat bisa ikut, ini sangat membebaskan, leluasa, dan menggembirakan," lanjutnya. 

Berdasarkan kesaksian dari para seniman yang menekuni tradisi dan kebudayaan Sunda, Sukabumi di era 1980-an memang sangat dekat dan dihargai oleh masyarakat. 

Di era tersebut, banyak paguron-paguron atau perguruan pencak silat yang kemudian dikreasikan dengan ibingan, estetika gerak tubuh, musik kendang pencak, kempul, terompet, menjadi kreasi Tari Jaipongan yang populer hingga mancanegara. 

Namun, sejak 2000-an mulai menurun, karena pengaruh musikalitas luar dengan gaya modern, sehingga gamelan yang lengkap jarang sekali dibawa tampil. Kebanyakan elemen tradisi hanya digunakan sebatas memberikan kesan etnik. 

"Semoga penampilan kami dapat menginspirasi masyarakat, terutama generasi muda untuk mempelajari ragam kebudayaan yang ada di Indonesia," ucap Ariel Tatum sebagai salah satu penampil dalam pementasan "Sukabumi 1980".

Dia mengungkapkan, melalui penampilannya pekan depan, harapannya nantinya generasi muda bisa merasa dekat dan tertarik dengan seni tradisi, bahwa tradisi itu tidak kaku dan menari tradisional itu menyenangkan, karena lahir dari kehidupan kita. 

"Acara ini ingin membuat suasana suka cita penuh bahagia, serta sebagai bukti bahwa kita menghargai pemikiran dan perilaku pendahulu kita," tambah Happy Salma yang juga diiyakan oleh Ariel Tatum.

Pagelaran seni yang akan mengangkat kebudayaan Sunda ini akan berlangsung di Selabintana Conference Resort, Sukabumi, Jawa Barat, pada Jumat, 8 Desember 2023, mulai pukul 16.00 WIB.

Acara ini akan dibuka untuk umum dengan reservasi terlebih dahulu melalui akun sosial media "Sukabumi 1980". Untuk menghadiri acara ini, akan dikenakan biaya minimal Rp50.000 yang akan digunakan untuk donasi dan apresiasi para seniman, serta biaya masuk Selabintana. 

Tak hanya pentas dari Ariel Tatum dan Happy Salma, acara ini juga akan diramaikan oleh pesta rakyat penuh dengan jajanan-jajanan khas Sukabumi, Jawa Barat, dan perlombaan yang turut dinilai oleh Mario Kahitna dan Donna Agnesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Mutiara Nabila
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro