Air kelapa
Health

11 Manfaat Air Kelapa Bagi Kesehatan

Redaksi
Sabtu, 2 Desember 2023 - 20:25
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Air kelapa tidak hanya sekadar untuk melepas dahaga di saat cuaca panas, namun juga berperan penting untuk menunjang kesehatan tubuh. 

Air kelapa memiliki rasa manis, serta mengandung rendah gula dan juga kalori. Kandungan elektrolit dalam air kelapa seperti potasium, natrium, dan magnesium yang membantu mengisi natrium yang hilang.

Dilansir dari PharmEasy, berikut beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan jika mengonsumsi air kelapa.

1. Meningkatkan energi

Air kelapa adalah minuman yang bagus untuk diminum selama dan setelah berolahraga. Hal ini karena air kelapa kaya akan mineral, elektrolit, dan antioksidan yang membantu meningkatkan tingkat energi Anda secara instan. Selain itu, minum air kelapa selama berolahraga, dapat mencegah kelelahan dan dehidrasi. 

2. Alternatif jus manis

Memiliki rasa yang sedikit manis, tetapi rendah kalori, gula, dan karbohidrat, tidak seperti jus manis lainnya. Hal ini membuat air kelapa menjadi pilihan yang baik bagi penderita diabetes atau seseorang yang ingin mengurangi konsumsi gula tambahan. 

3. Membantu menurunkan berat badan

Air kelapa lebih rendah kalori daripada minuman lain, seperti soda atau jus yang membantu menurunkan berat badan. Satu cangkir air Kelapa hanya mengandung 48 kalori. Hal ini dapat membantu dalam mengelola berat badan

4. Membantu Mengelola diabetes

Penelitian menunjukkan bahwa air kelapa dapat membantu mengatur kadar gula darah dan memperbaiki gejala diabetes. Sebab, air kelapa adalah sumber mangan yang baik, yang dapat meningkatkan sensitivitas insulin dan mengurangi kadar gula darah.

5. Mencegah penyakit jantung

Minum air kelapa bermanfaat untuk mencegah penyakit jantung. Hal ini dapat membantu mengatur kadar kolesterol dalam darah dan menjaga kesehatan jantung yang baik karena tinggi kalium. Selain itu, air kelapa juga membantu meningkatkan kadar kolesterol baik (high-density lipoprotein), yang mengurangi risiko berbagai penyakit jantung.

manfaat air kelapa
manfaat air kelapa

6. Mengurangi tekanan darah tinggi

Air kelapa memiliki kalium yang tinggi, air kelapa dapat membantu mengatur tekanan darah. Penelitian menunjukkan bahwa diet kaya kalium dapat membantu mendukung kesehatan jantung dengan mengelola tekanan darah dan bahkan melindungi dari stroke.

7. Membantu pencernaan yang baik

Air kelapa kaya akan mangan yang membantu mengatur buang air besar. Hal ini dapat mencegah distensi gas pada perut, sembelit, dan keasaman. Mengkonsumsi air kelapa untuk keasaman dapat membantu meringankan ketidaknyamanan pencernaan.

8. Membantu detoksifikasi tubuh

Air kelapa menjadi serbaguna karena adanya mineral, elektrolit, dan antioksidan. Air kelapa membantu mendetoksifikasi tubuh Anda dengan memberikan hidrasi dan antioksidan. 

Manfaat kesehatan lainnya dari air kelapa adalah dapat berkontribusi pada kulit agar tampak lebih sehat. air kelapa mengandung vitamin C, dan sifat antioksidan, dan secara alami dapat merangsang sintesis kolagen.

9. Membantu mencegah batu ginjal

Air kelapa dapat membantu mencegah pembentukan batu ginjal ketika dikonsumsi dalam jumlah sedang. Selain itu, air kelapa juga dapat membuang klorin dan sitrat dalam urin orang sehat.

10. Mencegah infeksi saluran kemih

Air kelapa dikenal sebagai diuretik (meningkatkan pengeluaran urin). Oleh karena itu, dapat membantu untuk membuang racun melalui urin. Hal itu membuat Anda sering buang air kecil tetapi begitulah cara infeksi saluran kemih Anda dapat dibatalkan.

11. Mengurangi kelelahan dan stres

Kelelahan dan stres dapat membuat Anda merasa lesu dan tidak ingin makan atau bahkan tidak ingin melakukan apa pun. Menyeruput secangkir air kelapa dapat membantu Anda merasa rileks dan menenangkan pikiran Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro