Seorang ayah sedang membacakan buku bergambar untuk anak-anaknya/Tyack Health
Health

10 Manfaat Membaca Bagi Anak-anak dan Dewasa

Redaksi
Kamis, 7 Desember 2023 - 15:14
Bagikan

6. Meningkatkan Pengetahuan Umum

Buku selalu dipenuhi dengan fakta yang menyenangkan dan menarik. Membaca fiksi atau non-fiksi memiliki kemampuan untuk memberikan informasi yang belum Anda ketahui. 

Membaca berbagai topik dapat membuat Anda menjadi orang yang lebih berpengetahuan, seiring berjalannya waktu dapat meningkatkan keterampilan percakapan.

7. Memotivasi

Dengan membaca buku tentang mengatasi tantangan, kita seringkali didorong untuk melakukan hal yang sama. Buku yang tepat dapat memotivasi Anda untuk tidak pernah menyerah dan tetap positif.

8. Mengurangi Stres

Kekhawatiran sehari-hari akan terus mengganggu Anda kecuali Anda melakukan sesuatu untuk mengalihkan pikiran Anda. Membaca memberi Anda ruang mental untuk menyibukkan diri Anda dengan sesuatu yang lebih menarik.

Saat membaca, terkadang Anda menemukan saran atau solusi berharga untuk masalah Anda. Dengan demikian, membaca dapat mengurangi stres, menurunkan detak jantung dan mengurangi tekanan darah.

9. Memberikan Contoh Positif

Membaca merupakan komponen penting dari pengembangan literasi awal dan Anda dapat memberikan contoh pentingnya hal ini dengan menjadikan diri sendiri teladan.

Anak-anak sering kali meniru orang dewasa di sekitar mereka yang berarti bahwa jika Anda secara teratur menyisihkan waktu untuk membaca, anak-anak Anda akan belajar melakukan hal yang sama.

10. Membaca Mengajarkan Empati

Penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang membaca fiksi sastra atau cerita yang mengeksplorasi kehidupan dalam diri karakter yang memiliki kemampuan yang lebih tinggi untuk memahami perasaan dan keyakinan orang lain. (Lala Wahyuningsih)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro