Ilustrasi makanan yang membuat kulit sehat dan glowing/Freepik
Health

Tips Glowing, Ini Makanan Untuk Kulit Sehat dan Ternutrisi

Redaksi
Kamis, 7 Desember 2023 - 20:06
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Gaya hidup sehat dimulai dari apa yang masuk kedalam tubuh, mengonsumsi makanan atau minuman yang kaya akan nutrisi adalah salah satu cara agar kulit tetap sehat dan bersinar. 

Tidak harus melakukan perawatan kulit, banyak bahan alami yang memiliki manfaat untuk kesehatan kulit, seperti buah-buahan dan sayuran.

Ini makanan yang  memiliki nutrisi untuk menjaga kesehatan kulit:

1. Buah berry

Berbagai macam buah beri, seperti blueberry, strawberry, raspberry hingga blackberry merupakan makanan lezat dan mengandung antioksidan yang kuat. Antioksidan berperang untuk melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas yang menyebabkan kulit tampak kusam dan mengalami penuaan dini.

Selain mengandung antioksidan, buah beri juga kaya akan vitamin C, yang memproduksi kolagen sehingga kulit terjaga elastisitas dan kekenyalannya. 

Kandungannya juga dapat membantu memerangi stres oksidatif sehingga kulit tampak awet muda dan bercahaya.


2. Sayuran Hijau

Bayam, kangkung, lobak hingga sawi merupakan sumber nutrisi yang kaya akan vitamin, mineral dan antioksidan yang bermanfaat untuk mencerahkan kulit. 

Selain itu, sayuran hijau juga mengandung vitamin A yang membantu pengelupasan sel-sel kulit dan pembentukan sel-sel baru hingga kulit tampak lebih halus dan sehat.

Kandungan klorofil yang ada pada sayuran hijau dipercaya mampu mendetoks racun-racun yang ada dalam tubuh sehingga membuat kulit menjadi bersih.


3. Buah Jeruk

Jeruk, lemon dan limau juga memiliki kandungan vitamin C tinggi yang membuat kulit sehat dan bersinar. 

Selain itu juga mampu menjaga kekencangan dan elastisitas kulit. Sama seperti buah berry, jeruk juga mengandung antioksidan yang baik dan membantu melindungi kulit dari polusi. 

4. Buah Wortel

Wortel dikenal karena manfaatnya bagi penglihatan, padahal wortel juga memiliki manfaat untuk kesehatan kulit. Wortel merupakan sumber beta-karoten yang sangat baik, yaitu meningkatkan keseimbangan pigmentasi yang sehat. Mengonsumsi wortel secara teratur  dapat menjaga elastisitas kulit, mengurangi garis halus dan membantu kulit menjadi cerah merata.

5. Alpukat

Buah ini menawarkan banyak manfaat untuk kesehatan kulit. Mengandung lemak tak jenuh tunggal yang sehat, alpukat membantu menjaga kulit tetap lembab dan terhidrasi, mencegah kekeringan dan pengelupasan. 

Kandungan vitamin E pada alpukat membantu melindungi kulit dari stres oksidatif dan membuat penampilan awet muda. 

Selain itu, alpukat mengandung beragam vitamin dan mineral, termasuk vitamin K, yang mendukung proses penyembuhan alami kulit serta dapat mengurangi munculnya memar dan lingkaran hitam. (Luygi Ambhara Putri)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro