Psoriasis/unair
Health

8 Makanan yang Dapat Memicu Psoriasis

Redaksi
Selasa, 5 Desember 2023 - 14:18
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Psoriasis adalah  penyakit peradangan pada kulit yang berlangsung kronis. Gangguan ini menyebabkan kulit bersisik, memerah, dan bahkan menimbulkan bercak tebal.

Psoriasis berkaitan erat dengan beberapa kondisi gangguan metabolisme, seperti obesitas, kencing manis, gangguan jantung, gangguan profil lipid, dan berbagai kondisi lainya.

Pola makan dan gaya hidup sehari-hari merupakan faktor penting pada proses perkembangan gangguan metabolisme tersebut, dan tentu sangat berpengaruh pada kondisi psoriasis.

Orang yang memiliki penyakit psoriasis disarankan untuk mengkonsumsi bahan makanan rendah kalori, rendah gula, rendah lemak jenuh, kaya akan berbagai vitamin, serta memiliki kadar antioksidan yang cukup.

Selain makanan yang disarankan dikonsumsi sehari-hari memiliki manfaat yang baik bagi tubuh, namun beberapa makanan dapat menyebabkan gangguan kesehatan bila dikonsumsi dalam jumlah berlebihan.

Dilansir dari Verywell Health, berikut adalah makanan yang harus dihindari orang yang memiliki penyakit psoriasis.

1. Daging Merah

Daging merah tinggi lemak jenuh dan sejenis lemak tak jenuh ganda yang disebut asam lemak omega-6. Omega-6 menyebabkan produksi senyawa yang meningkatkan jumlah peradangan dalam tubuh. Makan terlalu banyak daging merah dan makanan lain yang tinggi omega-6 dapat memicu gejala.

2. Produk Susu

Penelitian menunjukkan produk susu dapat meningkatkan peradangan dan memicu gejala psoriasis. Survei 2017, orang-orang melaporkan susu sebagai salah satu pemicu psoriasis. Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk memahami efek sebenarnya dari makan susu pada psoriasis.

3. Gluten

Gluten adalah protein yang ditemukan di beberapa biji-bijian seperti gandum dan jelai. Hal tersebut ada dalam makanan seperti roti, pasta, bagel, dan beberapa sereal. Untuk orang dengan penyakit celiac, mengabaikan makanan dengan gluten, dapat menyebabkan peradangan dan meningkatkan gejala psoriasis.

4. Makanan Olahan

Makanan olahan dikaitkan dengan peningkatan risiko untuk berbagai penyakit kronis, seperti diabetes, penyakit jantung, obesitas, dan kondisi autoimun. Makan makanan olahan juga dapat meningkatkan peradangan pada tubuh, yang dapat menyebabkan psoriasis flare-up.

5. Tanaman Nightshade

Tanaman Nightshade termasuk dalam jenis Solanaceae. Sebuah survei menemukan bahwa orang-orang dengan psoriasis melaporkan peningkatan gejala ketika menghilangkan nightshades dari makanan mereka.

Sayuran dan rempah-rempah yang termasuk tanaman Nightshade yaitu tomat, terong, kentang, dan paprika.

6. Alkohol

Pemicu lain yang dilaporkan untuk gejala psoriasis adalah alkohol. Disarankan bagi penderita psoriasis untuk menghindari minum alkohol.

7. Kafein

Kafein bisa menjadi pemicu gejala psoriasis. Beberapa orang dengan psoriasis melaporkan perbaikan dalam gejala parah ketika tidak mengonsumsi kafein.

8. Buah Jeruk

Beberapa orang mengalami sensitif atau alergi terhadap buah jeruk, yang dapat menyebabkan peradangan. Terdapat penelitian tentang efek buah jeruk pada psoriasis. Namun, hal itu hanya berpotensi memicu gejala bagi orang-orang yang sensitif terhadap buah jeruk. (Lala Wahyuningsih)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro