Teh chamomile bermanfaat bagi kesehatan jantung dan pencernaan./Healthline
Health

Dampak Buruk Konsumsi Teh Setiap Hari

Redaksi
Jumat, 8 Desember 2023 - 19:05
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Teh merupakan salah satu minuman yang paling disukai di dunia. Teh diperkaya dengan kebaikan alam dan sarat dengan sekian manfaat kesehatan.

Mengandung sumber antioksidan dengan fungsi utamanya untuk melawan radikal bebas yang dapat menyebabkan penyakit kronis. Teh ini mengandung kalium dan natrium yang menciptakan kondisi pikiran supaya lebih tenang.

Namun, seperti halnya makanan atau minuman apa pun, mengonsumsinya terlalu banyak dapat menimbulkan efek samping negatif.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini merupakan efek dari mengonsumsi teh secara berlebihan.

1. Gangguan Tidur

Teh dapat memberikan efek menenangkan jika dikonsumsi dalam jumlah yang pas. Namun, jika dikonsumsi berlebihan dapat menyebabkan kecemasan, stres, dan kegelisahan. Pasalnya, teh mengandung kafein, zat stimulan alami yang dapat mengganggu tidur dan memicu pelepasan hormon stres dalam tubuh. Kehadiran kafein dalam teh dapat berdampak buruk pada siklus tidur dan mengganggu hormon melatonin sehingga memengaruhi pola tidur.

2. Sakit Kepala

Adanya tanin pada teh dapat mengiritasi sistem pencernaan jika dikonsumsi dalam jumlah banyak. Meskipum teh sering digunakan sebagai obat alami untuk sakit kepala, konsumsi berlebihan justru dapat memicu sakit kepala pada beberapa individu.

3. Ketergantungan

Risiko lain yang terkait dengan konsumsi teh berlebihan adalah dapat menyebabkan ketergantungan kafein. Tubuh menjadi bergantung pada kafein agar dapat berfungsi dengan baik.

4. Dehidrasi

Konsumsi teh berlebihan dapat menyebabkan dehidrasi. Meskipun teh bisa menjadi sumber hidrasi yang baik, meminumnya terlalu banyak dapat menyebabkan Anda kehilangan lebih banyak cairan.

Mengganggu penyerapan zat besi
Teh mengandung senyawa tanin yang dapat mengikat zat besi dan menghambat penyerapannya. Oleh karena itu, konsumsi teh berlebihan dapat menyebabkan anemia defisiensi besi.

5. Masalah gigi

Teh, terutama teh hitam, lama kelamaan dapat menodai gigi. Selain itu, tingginya kadar tanin pada teh dapat berkontribusi pada pembentukan plak dan gigi berlubang.

6. Kegelisahan

Kebanyakan minum teh mampu menghilangkan stres. Namun, kebiasaan ini justru bisa memperparah stres dan kecemasan yang dialami. Terlalu banyak konsumsi kafein bisa memicu kegelisahan.

7. Komplikasi Kehamilan

Konsumsi teh berlebihan bisa berbahaya bagi ibu dan juga bayinya. Konsumsi kafein dapat meningkatkan risiko komplikasi. Oleh karena itu, disarankan untuk mengonsumsi teh bebas kafein atau teh herbal selama kehamilan untuk menghindari komplikasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro