Kerupuk ceker ayam/Istimewa
Health

Pecinta Ceker Ayam Wajib Tahu, Ini Manfaatnya untuk Kesehatan

Redaksi
Sabtu, 9 Desember 2023 - 13:56
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Hampir semua orang menyukai hidangan yang terbuat dari ayam, akan tetapi tidak semuanya menyukai kaki ayam atau sering disebut sebagai ceker.

Sebagian orang tidak menyukai kaki ayam karena menganggapnya menjijikkan. Selain itu, kaki ayam juga tidak memiliki daging sehingga membuat orang enggan mengonsumsinya.

Namun, ternyata kaki ayam memiliki gizi yang cukup serta mengandung fosfor, selenium, zinc, kolin, vitamin B kompleks, dan vitamin K. Selain itu, kaki ayam juga merupakan sumber gelatin dan kolagen yang baik.

Dikutip dari Healthline, dua kaki ayam yang setara dengan 70 gram menyediakan kalori 150 gram, protein 14 gram, lemak 10 gram, karbohidrat 0,14 gram, kalsium 5 persen, fosfor 5 persen, vitamin A 2 persen, dan folat (vitamin B9) 15 persen.

Dilansir dari Food & Home, berikut beberapa manfaat kaki ayam untuk kesehatan.

1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Kaki ayam mengandung banyak mineral yang sangat bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, kaki ayam juga mengandung tembaga, magnesium, fosfor, seng, dan kalsium.

2. Meremajakan kulit

Kaki ayam kaya akan kolagen yang bagus untuk kulit. Hal ini membantu kulit untuk meregenerasi sel-selnya dan menjaganya sehingga, meningkatkan elastisitas kulit dan mencegah penuaan dini yang membuat kulit terlihat keriput.

3. Mempercepat penyembuhan luka

Kandungan kolagen, sejumlah komponen protein pada kaki ayam, dan sejumlah komponen albumin, memberi kaki ayam kemampuan untuk mempercepat penyembuhan luka dan juga membantu mengatasi kerusakan sel.

Selain itu, dengan kemampuan kaki ayam dalam mendorong percepatan proses penggantian sel yang rusak, maka makan kaki ayam akan sangat membantu tubuh meningkatkan kemampuannya untuk menyerang infeksi.

Kerusakan sel akibat infeksi dengan lebih cepat diatasi, sehingga tubuh akan lebih efektif dalam memerangi serangan bakteri yang masuk.

4. Menurunkan tekanan darah

Kaki ayam mengandung lebih banyak protein kolagen daripada daging dada ayam. Protein kolagen kaki ayam ini berfungsi untuk menurunkan tekanan darah.

Kolagen tersebut dapat menurunkan kadar renin plasma, agar tidak membuat tekanan darah menjadi lebih tinggi. Selain itu kaki ayam juga mengandung kalium, sehingga orang yang memiliki hipertensi akan menjadi lebih baik jika mengonsumsi kaki ayam.

5. Mengatasi masalah pencernaan

Kaki ayam bisa diolah menjadi sup atau kaldu yang rasanya lezat. Bahkan semua nutrisi seperti protein, kolagen, kondroitin, dan glukosamin juga akan larut ke dalam sup.

Manfaat dari berbagai nutrisi ini sangat bagus untuk membuat pencernaan lebih sehat. Efek nutrisi ini juga sangat penting untuk membuat usus lebih sehat, membuat saluran pencernaan Anda lebih sehat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro