Ilustrasi-Grup band The Changcuters/solopos/google
Entertainment

Makna di Balik Single Terbaru The Changcuters "Memang Beda"

Mutiara Nabila
Selasa, 12 Desember 2023 - 17:33
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Band bergenre rock asal Bandung, The Changcuters kembali merilis lagu terbarunya menjelang akhir tahun 2023. 

Lagu yang diberi judul "Memang Beda" tersebut merupakan bentuk terjemahan keresahan mereka atas pudarnya makna dari sebuah perbedaan.

Tria, vokalis The Changcuters pun mengatakan kalau saat ini kebanyakan manusia modern cenderung memaksakan diri untuk menjadi sama antara satu, dengan lainnya. 

Menurutnya, orang-orang masa kini telah melupakan realita dasar bahwa perbedaan ada sedari lahir dan bisa bermuara pada kebahagiaan. 

"Kami melihat, semakin ke sini, banyak orang bingung dengan perbedaan. Ada yang jadi bermusuhan, blunder, atau bahkan memaksakan diri untuk menjadi sama. Padahal pada hakikatnya semua manusia sudah sama. Persamaannya, semua memang berbeda-beda. Jadi, bawa gembira sajalah,” ujar Tria. 

Dalam proses pembuatan single ini, The Changcuters masih menggunakan formula workshop yang menjadi andalan ketika mengerjakan lagu. 

Namun kini, garage rock beranggotakan empat orang asal Bandung itu memiliki ruang dan waktu yang lebih banyak dalam berkreasi di studio rekaman mereka sendiri, Wowma Studios.

Meski demikian, Tria mengungkapkan bahwa proses pembuatan single "Memang Beda cukup singkat karena dikerjakan di studio sendiri sehingga bisa lebih memangkas waktu dalam hal teknis dan juga berkreasi lebih puas. 

"Caranya diputar sesering mungkin, dihafalkan liriknya dan apabila dibawakan di atas panggung, semua dapat bergembira dan berdansa. Sehingga berharap siapapun bisa menjadikan hari esoknya semakin percaya diri,” ujar sang vokalis.

The Changcuters adalah band rock asal Bandung yang memulai langkah bermusiknya pada 19 September 2004. Band ini ditukangi oleh Tria sebagai vokalis, Qibil sebagai backing vocal dan gitaris, Alda di gitar, Dipa di bass, dan Erick pada drum. 

Sampai saat ini The Changcuters telah merilis 9 album penuh, di mana lagu-lagu mereka berulang kali masuk sebagai soundtrack dalam berbagai judul film Indonesia, serta menuai prestasi maupun penghargaan musik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Mutiara Nabila
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro