Berjalan kaki usai makan memberikan dampak yang baik bagi kesehatan/istimewa
Health

Manfaat Berjalan Kaki Setelah Makan, Baik untuk Kesehatan

Redaksi
Rabu, 20 Desember 2023 - 16:18
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Bukan rahasia lagi bahwa berjalan kaki memiliki segudang manfaat bagi kesehatan, mulai dari menjaga tubuh tetap aktif, meningkatkan suasana hati, hingga mempengaruhi kesehatan tubuh secara keseluruhan. 

Namun, tahukah Anda bahwa berjalan kaki setelah makan ternyata memiliki manfaat untuk kesehatan?

Dilansir dari beberapa sumber, simak manfaat kesehatan berjalan kaki setelah makan:

1. Baik untuk pencernaan

Perut kembung, sembelit, refluks asam, merupakan tanda-tanda tidak nyaman yang mungkin dialami setelah makan. Salah satu cara untuk meredakan gejala tersebut adalah dengan berjalan kaki.

Berjalan kaki setelah makan dapat menstimulasi perut dan usus, sehingga dapat membantu pencernaan dengan membuat makanan bergerak lebih cepat.

2. Mengurangi risiko penyakit jantung

Sebuah studi menunjukkan bahwa melakukan olahraga ringan seperti berjalan kaki selama 10 hingga 15 menit setelah makan dapat mengurangi risiko penyakit jantung.

3. Mengatur kadar glukosa darah

Tidak bergerak setelah makan dapat menyebabkan lonjakan kadar gula darah yang berlebihan. Kadar gula darah yang berlebihan dalam aliran darah akan membebani hati dan otot yang biasanya menyimpan gula darah dan menyebabkan insulin dalam tubuh menyimpan kelebihan di tempat lain.

Jika hal ini terus terjadi, maka lama kelamaan tubuh akan menjadi resisten terhadap insulin dan menjadi awal mula terjadinya pra-diabetes dan diabetes tipe 2.

Penelitian menunjukkan bahwa berjalan kaki setelah makan akan membantu menurunkan kadar gula darah dan merupakan cara yang efektif untuk menurunkan risiko tersebut.

4. Menjaga berat badan

Berolahraga secara teratur adalah cara yang paling efektif untuk menjadi sehat, tetapi berjalan kaki singkat setelah makan pun dapat membantu menjaga atau menurunkan berat badan.

Berjalan kaki juga akan membantu mengatur nafsu makan dan mengurangi keinginan untuk mengambil camilan tidak sehat di sela-sela waktu makan.

5. Meningkatkan kualitas tidur

Berjalan kaki setelah makan, khususnya makan malam dapat membantu mengatur ritme sirkadian, seperti memperbaiki siklus bangun-tidur alami tubuh, dan membuat tidur lebih nyenyak.

Karena berjalan kaki dapat membantu mengatasi ketidaknyamanan perut setelah makan, maka jalan kaki juga dapat membuat tidur menjadi lebih nyenyak. (Kresensia Kinanti)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro