Insomnia. /boldsky.com
Health

Makanan Cegah Insomnia Selama Menopause

Redaksi
Jumat, 22 Desember 2023 - 08:37
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Sebagian wanita yang mengalami menopause dapat mengalami insomnia atau gangguan tidur di malam hari.

Sekitar 25% wanita mengalami masalah tidur selama menopause yang dapat berdampak pada kesejahteraan dan dapat mempengaruhi kualitas hidup Anda secara signifikan.

Oleh karena itu, diet seimbang dapat membantu mengendurkan otot, meredakan hot flashes, dan meningkatkan kualitas tidur.

Melansir dari Hindustan Times, berikut makanan yang dapat membantu mengatasi insomnia selama menopause.

1. Almond dan kacang mete

Magnesium dapat meningkatkan tidur dengan mengatur ritme sirkadian tubuh Anda, yang dikenal sebagai jam alami tubuh, dan meningkatkan relaksasi otot. Oleh karena itu, cobalah makanan seperti jahe, almond, kacang mete, dan biji wijen.

2. Pistachio dan biji rami

Vitamin E membantu mengurangi keringat saat malam hari dan hot flashes yang membantu Anda tidur nyenyak di malam hari. Vitamin E mudah ditemukan di almond, kelapa, biji rami, pistachio, biji bunga matahari.

3. Omega-3

Omega-3 merupakan asam lemak sehat yang dapat meningkatkan suasana hati dan gangguan tidur. Kandungan omega-3 terdapat di ikan, bajra, barley maize dan ragi.

4. Produk kedelai

Isoflavon yang ditemukan dalam produk kedelai dan meniru estrogen, dapat membantu mengurangi hot flashes dan gejala menopause lainnya, sehingga meningkatkan kualitas tidur.

5. Vitamin C dan selenium

Vitamin C dan selenium adalah nutrisi yang dikaitkan dengan tidur. Vitamin C dapat ditemukan dalam makanan seperti buah jeruk, stroberi, paprika, dan brokoli. Selenium ditemukan dalam daging, biji-bijian, produk susu, telur, dan kacang Brasil. (Lala Wahyuningsih)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro