Rambut rontok/klikdokter
Health

Waspada! Minum Alkohol Bisa Picu Kerontokan Rambut

Mia Chitra Dinisari
Kamis, 28 Desember 2023 - 11:49
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Sudah diketahui sejak lama jika minum alkohol berlebihan bisa memicu beragam macam penyakit.

Mulai dari penyakit hati, dan bahkan kanker, serta masalah lainnya.

Tapi, tahukah Anda jika alkohol juga bisa memicu kerontokan rambut? Dilansir dari Express, Apoteker dari apotek online Chemist Click, Abbas Kanani, mengingatkan bahwa minuman keras bisa menyebabkan dehidrasi yang pada akhirnya bisa menyebabkan kerontokan.

“Meski alkohol tidak secara langsung menyebabkan kerontokan rambut, namun dapat menimbulkan masalah lain yang berujung pada kerontokan rambut,” jelasnya.

Alkohol bersifat diuretik, sehingga jika dikonsumsi berlebihan dapat menyebabkan percepatan dehidrasi yang akan mengeringkan folikel rambut dan lama kelamaan menyebabkan rambut rontok. penjarangan.

Hal ini juga dapat menyebabkan tingginya kadar asam dalam tubuh yang menghabiskan simpanan protein, yang selanjutnya menyebabkan rambut rontok dan masalah kesehatan lainnya.

Alkohol mencegah produksi hormon yang disebut vasopresin, yang berperan besar dalam pengaturan ekskresi air.

Inilah sebabnya kita kehilangan banyak air melalui urin saat kita minum.

Tanda-tanda rambut rontok akibat dehidrasi adalah "pertumbuhan rambut mungkin melambat atau terhenti, dan batang rambut menjadi rapuh dan ujung rambut bercabang".

Ini berdampak negatif pada kekuatan rambut, kondisi kulit kepala, dan meningkatkan kerontokan.

Konsumsi kronis dapat mencegah penyerapan dan penggunaan nutrisi penting seperti thiamin, vitamin B12, asam folat, dan zinc.

Otak kita juga terpengaruh ketika meminum alkohol yang dapat menyebabkan perasaan tidak terkendali, depresi, agresi, kemarahan, kecemasan atau stres.

Hal ini dapat berdampak negatif pada pertumbuhan rambut karena stres jangka panjang dikaitkan dengan kondisi yang disebut telogen effluvium.

Telogen effluvium adalah suatu kondisi yang menyebabkan rambut Anda berada dalam fase pertumbuhan istirahat.

Jika hal ini terjadi, rambut Anda tidak dapat tumbuh lagi dan mulai rontok dalam jumlah banyak.

Tidak semua bentuk kerontokan rambut dapat dicegah, terutama karena faktor genetik, penyakit, dan usia, namun kabar baiknya adalah Anda mungkin dapat mengatasi kerontokan rambut akibat meminum alkohol, atau setidaknya memperlambatnya.

Untuk mendukung pertumbuhan rambut, ia juga merekomendasikan untuk menambah asupan vitamin A, vitamin B yang disebut biotin, vitamin C, vitamin D, dan vitamin E baik melalui makanan atau dalam bentuk suplemen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro