Ilustrasi mie instan/pexels
Health

Bahaya, Ini Efek Samping Makan Mie Instan Setiap Hari

Mutiara Nabila
Senin, 15 Januari 2024 - 12:32
Bagikan

3. Menyebabkan sindrom metabolik

Orang yang mengonsumsi mie instan terlalu sering juga mungkin mengalami peningkatan tekanan darah dan penurunan laju metabolisme yang memiliki implikasi jangka panjang pada kesehatan jantung serta penambahan berat badan.  

Tekanan darah tinggi, juga dikenal sebagai hipertensi, adalah masalah serius yang mempengaruhi jutaan orang di seluruh dunia. 

Selain itu, jenis minyak yang digunakan untuk menggoreng mie instan dapat menyebabkan peningkatan kadar kolesterol dan menyebabkan penebalan arteri darah yang keduanya sangat terkait dengan hipertensi.  

Terlalu sering makan mie instan juga bisa menyebabkan kerusakan hati akibat tingginya kandungan natrium dan lemak jenuh yang terdapat pada makanan olahan tersebut.  

Selain itu, bahan kemasan yang digunakan untuk menyimpannya mungkin mengandung bahan kimia yang terakumulasi seiring waktu dan berkontribusi terhadap perkembangan penyakit hati berlemak.

4. Risiko sakit jantung koroner, stroke, kerusakan ginjal akan meningkat

Makan mie instan dapat meningkatkan risiko terkena penyakit jantung karena mie instan banyak mengalami proses dalam pembuatannya dan mengandung bahan pengawet, perasa buatan, dan lemak jenuh yang dikaitkan dengan peningkatan kemungkinan tekanan darah tinggi dan obesitas, keduanya merupakan faktor risiko penyakit jantung.  

Selain itu, penyakit lainnya adalah stroke. Seringkali, kematian akibat stroke dapat disebabkan oleh berbagai faktor risiko, seperti kadar kolesterol tinggi, diabetes, merokok, dan efek samping dari konsumsi makanan olahan seperti mie instan.

Mie instan dibuat dengan bahan pengawet yang mengandung kadar natrium tinggi sehingga dapat meningkatkan risiko stroke atau serangan jantung.  

Oleh karena itu, meski nyaman dan enak, makan mie instan sebaiknya dikurangi dari pola makan mie istan terlalu sering, demi menjaga kesehatan jantung dan kesehatan tubuh secara umum.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro