Ilmuwan Peringatkan Pandemi Baru Bisa Muncul Karena Virus Zombie di Arktik/
Health

Ilmuwan Peringatkan Pandemi Baru Bisa Muncul Karena Virus Zombie di Arktik

Mia Chitra Dinisari
Selasa, 30 Januari 2024 - 15:55
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Para ilmuwan memperingatkan ancaman pandemi baru yang aneh yang muncul dari virus zombie.

Menurut para ilmuwan, virus-virus kuno yang membeku di lapisan es Arktik suatu hari nanti bisa dilepaskan oleh pemanasan iklim bumi dan memicu wabah penyakit besar, kata mereka.

Strain mikroba Metuselah ini atau disebut juga dengan virus zombi telah diisolasi oleh para peneliti yang menimbulkan kekhawatiran bahwa keadaan darurat medis global dapat dipicu bukan oleh penyakit yang baru dalam ilmu pengetahuan tetapi oleh penyakit yang sudah ada di masa lalu.

Para ilmuwan mulai merencanakan jaringan pemantauan Arktik yang akan menunjukkan dengan tepat kasus-kasus awal penyakit yang disebabkan oleh mikroorganisme purba.

Selain itu, negara ini juga akan menyediakan karantina dan perawatan medis ahli bagi orang yang terinfeksi dalam upaya membendung wabah, dan mencegah orang yang terinfeksi meninggalkan wilayah tersebut.

“Saat ini, analisis ancaman pandemi fokus pada penyakit yang mungkin muncul di wilayah selatan dan kemudian menyebar ke utara,” kata ahli genetika Jean-Michel Claverie dari Universitas Aix-Marseille dilansir dari Guardian.

“Sebaliknya, hanya sedikit perhatian yang diberikan terhadap wabah yang mungkin muncul di ujung utara dan kemudian menyebar ke selatan dan saya yakin itu adalah sebuah kekhilafan. Ada virus di luar sana yang berpotensi menginfeksi manusia dan memicu wabah penyakit baru.”

Hal ini didukung oleh ahli virologi Marion Koopmans dari Erasmus Medical Center di Rotterdamyang berpikir ada risiko nyata bahwa mungkin ada virus yang mampu memicu wabah penyakit misalnya polio yang sudah ada sejak dahulu kala. Kita harus berasumsi bahwa hal seperti ini bisa terjadi.

Pada tahun 2014, Claverie memimpin tim ilmuwan yang mengisolasi virus hidup di Siberia dan menunjukkan bahwa virus tersebut masih dapat menginfeksi organisme bersel tunggal,meskipun mereka telah terkubur di lapisan es selama ribuan tahun.

Penelitian lebih lanjut, yang diterbitkan tahun lalu, mengungkapkan keberadaan beberapa jenis virus berbeda dari tujuh lokasi berbeda di Siberia dan menunjukkan bahwa virus ini dapat menginfeksi sel yang dikultur. Satu sampel virus berumur 48.500 tahun.

“Virus yang kami isolasi hanya mampu menginfeksi amuba dan tidak menimbulkan risiko bagi manusia,” kata Claverie.

“Namun, hal ini tidak berarti bahwa virus lain yang saat ini membeku di lapisan es tidak dapat memicu penyakit pada manusia. Kami telah mengidentifikasi jejak genom poxvirus dan virus herpes, yang merupakan patogen manusia yang terkenal, misalnya.”

Permafrost menutupi seperlima belahan bumi utara dan terdiri dari tanah yang suhunya dijaga di bawah nol untuk waktu yang lama. Beberapa lapisan tetap membeku selama ratusan ribu tahun, demikian temuan para ilmuwan.

“Hal penting tentang lapisan es adalah suhunya yang dingin, gelap dan kekurangan oksigen, yang sangat cocok untuk mengawetkan bahan biologis,” kata Claverie.

Namun lapisan es di dunia sedang berubah. Lapisan atas cadangan utama bumi di Kanada, Siberia, dan Alaska mencair karena perubahan iklim memberikan dampak yang tidak proporsional terhadap wilayah Arktik.

Menurut ahli meteorologi, wilayah ini memanas beberapa kali lebih cepat dibandingkan laju rata-rata peningkatan pemanasan global.

Namun, bukan pencairan lapisan es secara langsung yang menimbulkan risiko paling mendesak.

Bahayanya datang dari dampak pemanasan global lainnya: hilangnya es laut di Arktik.

Hal ini memungkinkan peningkatan pelayaran, lalu lintas, dan pengembangan industri di Siberia. Operasi penambangan besar-besaran sedang direncanakan, dan akan membuat lubang-lubang besar di lapisan es yang dalam untuk mengekstraksi minyak dan bijih.

"Operasi tersebut akan melepaskan sejumlah besar patogen yang masih berkembang di sana. Penambang akan masuk dan menghirup virus. Dampaknya bisa sangat buruk.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro